Thursday, August 20, 2009

Tips Merencanakan Sesuatu

Menentukan tujuan adalah kunci maju dalam karir atau kehidupan pribadi lainnya. Apakah Anda ingin menurunkan berat badan 10 kilo atau mencapai kemajuan dalam dunia karir, menentukan tujuan dalam kehidupan adalah hal penting untuk mencapai kesuksesan.

Memiliki tujuan spesifik dalam karir dapat membantu Anda lebih focus yang membantu menyelesaikan pekerjaan dengan serius, dan memperhitungkan dengan tepat apa yang ingin dilakukan.

Sementara kurang menentukan tujuan akan menjadi masalah serius dalam jangka panjang dan menggangu prospek karir dikemudian hari. Kemampuan mungkin mulai stagnan, atau Anda mungkin merasa seolah-olah tidak akan mencapai sesuatu dalam pekerjaan..

Berikut beberapa tips menentukan tujuan yang membantu Anda mencapai sukses dalam karir juga aspek lain dalam kehidupan:

Yakinlah tujuan dapat tercapai Tujuan yang efektif dan realistis pastilah lebih mudah dicapai meskipun mungkin diperlukan suatu trik untuk meyakinkan bahwa tujuan tersebut dapat dicapai. Yakinlah anda merasa tertantang sehingga tujuan dapat membawa ke tingkat berikutnya. Jika anda menentukan tujuan yang terlalu tinggi dan berharap sempurna, anda pun harus memperiapkan diri sendiri menerima kegagalan.

Buat tujuan bersifat pribadi Tujuan sebaiknya menjadi milik Anda bukan milik orang lain bahkan ketika tujuan muncul dalam dunia karir. Petunjuk ketika memikirkan tujuan seharusnya seperti “Saya ingin…,” bukan “saya harus…,” atau “saya perlu….” Penting juga untuk membuang rasa pesimis atau perasaan negatif ketika mulai menentukan tujuan. Ini artinya jangan membuat tujuan yang tidak ingin dilakukan.

Mengawasi tujuan Buatlah susunan tujuan untuk memudahkan menjalankan dan mengerjakannya dengan serius tiap hari. Tujuan tersebut perlu juga diawasi. Anda tidak selalu dapat mengawasi apa yang atasan atau rekan pikirkan tentang anda, tetapi anda dapat mengawasi betapa kerasnya anda bekerja, dan sikap terhadap rekan kerja misalnya.

Memiliki suatu rencana Memiliki rencana spesifik mengenai bagaimana menjalankan tujuan, itu artinya anda hampir dekat untuk mendapatkanya. Tulislah tujuan dan pelajari setiap kemajuan dan catat setiap implementasi tujuan sekecil apapun. Segera anda akan dapat mengukur kemajuan, ini memudahkan menentukan tujuan karir yang dapat membantu memajukan diri sendiri atau proyek yang tengah dikerjakan.

Tentukan batas waktu

Jangan lupa untuk membuat batas waktu dalam setiap tujuan yang anda implementasikan. Jika anda tidak membuat batas waktu, anda tidak akan pernah mendapatkan diri anda dalam usaha mencapai tujuan tersebut. Tanpa batas waktu, suatu tujuan hanya menjadi angan-angan, dan anda akan berkahir dengan perasan frutasi.

No comments: