Thursday, August 20, 2009

TIPS Menang dengan sikap asertif

Jangan ambisius. Jangan terlalu pasif, dan jangan opensif atau defensif. Dalam karier, hindarilah semua sifat itu, karena tidak akan pernah menguntungkan Anda. Sebaiknya, berlakulah asertif, yang membuat Anda lebih mudah untuk menghadapi siapa pun, dalam kondisi apa pun.

Jika diletakkan pada sebuah garis, asertif berada diantara agresif dan pasif. Berlaku asertif dapat ditunjukkan dengan mengomunikasikan kebutuhan, keinginan, perasaan atau opini Anda kepada orang lain dengan cara langsung dan jujur tanpa maksud untuk menyakiti perasaan siapa pun. Keuntungan yang Anda dapatkan bila berperilaku asertif, antara lain:

Pertama, keinginan kebutuhan dan perasaan Anda bisa dimengerti orang lain. Dengan demikian tidak akan ada pihak yang sakit hati karena kedua pihak merasa dihargai dan didengar. Ini sekaligus keuntungan bagi Anda sebab akan membuat Anda di posisi sebagai pihak yang acap meminimalkan konflik dan perselisihan. Selain itu, Anda merasa mengendalikan hidup Anda sendiri, dan akan berdampak pada rasa percaya diri dan keyakinan yang bisa meningkat.

Anda punya kesempatan lebih ebsar untuk mendapatkan yang diinginkan. Seperti halnya dalam perilaku lain, butuh waktu untuk belajar bersikap asertif. Agar dapat menerapkannya dalam kehidupan Anda.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:

Pertama, buat keputusan bahwa Anda mau bersikap asertif ketimbang agresif atau pasif. Ini keputusan yang gampang sepanjag diniatkan dengan sungguh-sungguh. selalulah tanamkan di dalam ingatan Anda setiap pagi akan berangkat ke kantor, kata-kata seperti ini: "Saya akan bersikap asertif!"

Kedua, bila Anda berada di tengah sebuah konflik, bayangkan cara untuk mengatasinya dengan cara yang asertif. Ini juga harus ditunjang dengan teknik atau berlatih berbicara dengan cara yang asertif.

Gunakan kata-kata seperti "saya rasa..." dan "saya pikir..." ketimbang "kamu selalu saja..." dan "kamu tak pernah..."

Terakhir, tidak menyela pembicaraan orang lain dan berusaha mendengarkan serta berusaha mendengarkan serta mengerti pendapat orang tersebut.

No comments: