Wednesday, July 16, 2014

penipuan ala KARMA VIP dan BALI ROYAL RESORT








Beberapa hari yang lalu saya menerima SMS dari nmor privat "KARMA VIP" .yang isinya tentang saya mendapatkan hadiah liburan gratis selama 7 hari ke Bali atau 3 hari ke luar negeri.


yang membuat saya tanda tanya, nomor itu adalah nomor Advertise atau promo resmi dari TELKOMSEL.
artinya ada legalitas dan kemudian saya coba browsing di internet, dan saya menemukan sebuah artikel di Blog seseorang yang pernah kena tipu oleh Group Karma yaitu BALI ROYAL RESORT.

ceritanya saya copas seperti di bawah ini:


Kronologis Bali Royal Resort
Posted on Mei 21, 2012 by Iphays — 132 Komentar

Bali oh Bali………
Lumayan ada harpitnas, trus ngambil cuti empat hari, dapet libur 10 hari. Saya pikir dengan liburan selama 10 hari akan mengembalikan suasana hati dan fikiran menjadi lebih fresh setelah bersitegang dengan begitu banyak pekerjaan yang tidak ada habis-habisnya.
Saya dan keluarga putuskan untuk berlibur ke Bali selama 3 malam 4 hari. Wow, liburan yang asyik dan akan menjadi yang luar biasa, berangkat bareng istri tercinta dan anak-anak. Wah pastinya sangat mengesankan.
Terbang hari jumat, tanggal 11 Mei 2012, nginep di Aston Hotel Kuta, not badlah.. bersih walaupun agak sempit. Hari pertama kita hanya menyimpan barang, makan malam dan langsung istirahat. Hari kedua, ke Bedugul, tanah lot, dan mampir di Joger. Makanan oke, tempat wisata oke, walau disertai hujan cukup deras kita terus jalan saja sambil hujan menikmati deburan ombak tanah lot.
Hari menjelang senja, kita pulang lagi ke kuta dan istirahat. Hari ketiga, saya ajak keluarga melihat pantai kuta yang indah, pagi sampai siang. Berenang, tepatnya basah-basahan dengan anak-anak, sambil dijepret dan nampang sedikit. Akhirnya siang pulang ke hotel, istirahat sebentar dan sore rencananya cari oleh-oleh. Dapatlah rekomendasi dari teman driver kita, Bli Ketut menuju ke Kresna Depstore, dan disinilah awal musibah terjadi……….
Istri saya mengisi semacam undian berhadiah tepatnya mungkin kuisioner,isi nama bla bla dan nomor handphone. Si pemberi kuisioner mengatakan bahwa ini adalah undian menginap gratis selama 7 malam untuk liburan berikutnya di bali. Jam 6 sore, telepon berdering, istri saya ditelepon. Jackpot, baru ngisi tadi sore sudah pengumuman pemenang, surprise…kita menang undian berlibur menginap 7 hari ke Bali untuk liburan berikutnya dan dapat voucher makan di restoran jimbaran bali. Kapan kita ke Bali lagi yah, seru anak-anak. Wow, Bali oh Bali indah nian dikau……..
Esok harinya, hari keempat, kita sudah siap-siap beres-beres untuk pulang ke Jakarta. Flight berangkat jam 3.20. Jam 10 pagi telepon berdering lagi, kali ini saya yang mengangkat telepon. Ngakunya dari Komang Wijaya Hotel Jimbaran, dan mengingatkan bahwa saya beruntung dapat undian gratis menginap 7 hari di Bali untuk liburan berikutnya. Untuk itu saya dan istri diminta untuk mengambil voucher liburan gratis dan voucher makan gratis di Hotel Jimbaran. Selama ini saya selalu berpikir kritis, logis dan sedikit curiga, maka saya coba klarifikasi ke Khrisna Depstore, ternyata Khrisna belum membuka undian bagi para pelanggannya. Ah sialan, dikira beneran undian berhadiah dari Khrisna Depstore, saya tanya istri iya memang ngisi semacam kuisioner tapi bukan kupon dari Khrisna Depstore tapi memang ngisinya di Khrisna Depstore. Walah, saya yakin ini pasti penipuan. So biarin aja kalo begitu.
Setengah jam berikutnya telepon berdering lagi, bahwa saya dan istri menang undian dan dapat diambil di Hotel Jimbaran Bali, saya klarifikasi apakah dari Khrisna Depstore? Bukan jawabnya, tapi dari Hotel Jimbaran, trus saya tanya lagi kalo saya ambil voucher tersebut apakah saya harus membeli produk? Tidak ada yang perlu dibeli ini murni gratis, ini murni hadiah voucher liburan, bagi 10 orang wisatawan domestik dan 10 orang wisatawan asing. Pemenangnya berdasarkan hasil random, dan Anda selamat telah menjadi pemengan. Untuk mengambil voucher ke hotel jimbaran, nanti dijemput dengan kendaraan, atau kalo naik taksi nanti uang taksinya diberikan penggantian.
Kami sampaikan kami tidak tertarik, karena kita akan pulang dan harus ada dibandara jam 2 siang paling telat. Telepon saya tutup. Eh, telepon berdering lagi, dia sedikit memaksa bahwa dia sudah perintahkan supirnya untuk menjemput saya dan istri jam 12 siang ke hotel kami menginap, perjalanan ke hotel jimbaran paling 15 menit dan untuk dapat mengambil voucher tersebut ada sesi tanya jawab selama 1 jam, nanti langsung di anter ke bandara, jadi tidak akan terlambat katanya.
Tepat jam 12 siang kami check out dari Hotel Aston Kuta, masih ada waktu sekitar 2 jam, istri meminta untuk membeli oleh-oleh lulur bali yang belum sempet ke beli kemarin. Akhirnya, sambil menuju bandara saya minta teman pengemudi untuk mampir beli lulur dulu. Diperjalanan telepon berdering lagi. Pak saya sudah dihotel untuk jemput bapak, bapak katanya sudah check out, dia terus merayu-rayu lagi agar saya mengambil vouchernya dan dia menjelaskan bahwa sesi tanya jawab cuma 1 jam dan dia menjanjikan bahwa saya tidak akan terlambat ke bandara. Hanya saja pada saat sesi wawancara bilang saja agar saya kembali tidak hari ini (14 Mei 2012) tapi besok sore tanggal (15 Mei 2012). Dia ingatkan berulang-ulang.
Akhirnya hati saya luluh, kasian juga pikir saya. Sudah jemput ke hotel cape-cape trus gak ketemu. Ok lah yang penting saya tidak terlambat, saya coba saja. Telepon kembali berdering, dia minta bicara dengan driver saya yang orang bali, ternyata Komang Wijaya memberikan petunjuk dimana harus ketemu dan karena keputusan saya jadi untuk ke jimbaran, maka driver menurut saja.
Akhirnya ketemu dengan sopir suruhan Komang Wijaya di Mac Donald, ntah mac donald mana saya lupa, yang jelas deket-deket jimbaran. Akhirnya saya dipandu untuk mengikuti mobil dia dan sampailah di tempat pemasaran Bali Royal Resort di depan hotel continental Jimbaran.
Ketemu dengan bagian administrasi, didata dulu, ditanya punya kartu kredit gold ga? Tanpa punya rasa curiga, saya jawab punya. Skip skip…. katanya wawancara cuma satu jam.
Akhirnya saya diarahkan ketemu dengan Hilda yang belakangan saya tahu dia itu Salesnya PT. Permata Bahari Mandiri, perusahaan yang memasarkan ownership holiday Bali Royal Resort. sAya akui bahwa dia pintar sekali, menjelaskan dengan mengagumkan seolah-olah menghipnotis saya dan istri. Wow luar biasa bahkan sampai-sampai saya memutuskan untuk menunda keberangkat penerbangan kami yang dijadwalkan jam 3.20. Sudahlah biar saya selesaikan saja dulu wawancara ini, demi mendapatkan liburan 7 hari gratis sama voucher makan di jimbaran bali yang nilai totalnya US$2.000!!. Toh klo harus batalin pesawat, pindah ke jam yang lebih sore atau malam, nilainya yang harus sy keluarkan tak lebih dari Rp3 juta!! Worth sekali kan? Hitungan yang cerdas….!!
Akhirnya waktu berjalan terus, seperti kebo dicocok hidung, saya terutama, saya dan istri diajak melihat-lihat resortnya beserta seluruh fasilitasnya. Dan saya pun terbuai, gimana gak ada 6.800 resort yang tersebar diseluruh dunia yang bisa saya pakai tidak kenal peak season hanya seharga Rp280.000 an per malam dan unlimited boleh dipakai oleh saya dan oleh siapa saja dengan menggunakan rekomendasi saya. Dahsyat!!. Mau ke Inggris yang suasana resortnya seperti rumah film Harry Potter! Mau ke singapura, ini loh gambar fotonya, kita diajak berfantasi, dan itu merupakan bagian dari pemasaran yang cerdas, seperti terhipnotis saja. Hilda kembali jelaskan bahwa Saya dan keluarga cuman beli tiket promo aja klo liburan sedangkan resortnya bisa dianggap gratis karena sangat murah, apalagi asia Cuma $168 aja (dollar singapure) selama 7 malam. Busyeet deh…….
Skip skip…… akhirnya setelah sesi “wawancara” yang cukup melelahkan namun mengagumkan saya, Hilda memperkenalkan dengan managernya. Ketika managernya datang, siapa juga namanya lupa, bla bla, akhirnya nembak juga mau pilih kepemilikan yang mana Pak? Pasti mahal saya bilang, gak mahal koq, worthlah katanya, terjangkaulah oleh Bapak Ibu yang dua-duanya punya penghasilan. Saat itu saya ditawari yang seharga Us $ 15.000, akal sehat saya masih berontak. Terutama istri, namun ntah setan atau jin apa sehingga akhirnya saya deal dan menandatangani perjanjian kepemilikan super sialan ownership holiday tersebut, saya pilih yang waktu itu terendah US $8.000, uang muka $2.000 (gesek pake kartu kredit dan kartu debet) dan $6.000 dicicil melalui Crown Finance Service (CFS) tanpa agunan, dengan cicilan Rp1,4 juta per tahun. Dengan tempo 5 tahun!!
Pada saat memutuskan untuk tanda tangan, sebenarnya sudah saya bilang saya akan pelajari dulu. Tapi luar biasa, manager beserta pemasarnya nyerocos terus terus sehingga tidak memberikan ruang bagi saya untuk berpikir logis dan panjang yang pada akhirnya dengan tololnya saya tanda tangan juga perjanjian tersebut.
Di tulisan berikutnya akan saya jelaskan, begitu tololnya, atau sialnya saya menandatangani perjanjian yang klausal-klausalnya sangat memberatkan. Dan saya sangat yakin, dalam kondisi yang normal tidak mungkin orang waras akan tanda tangan perjanjian yang seperti itu.


Sumber  :  http://baliroyalresort.wordpress.com/2012/05/21/bali-royal-resort-kronologis/



Setelah membaca blog itu akupun semakin yakin itu penipuan dan segera mencoba telepon ke CS telkomsel untuk coba memberitahukan dan lebih hati2 memilih client dalam promosi di operator mereka.

juga saya berharap para pembaca segera menyadarinya segera mungkin kalau hal yg sama terjadi pada anda.


Semoga bermanfaat..

19 comments:

LumbungEmas said...

Sudah pernah pakai voucher menginap nya di karma resort 7hari?

Unknown said...

Hari ini ( 24 Juni 2016 ) Saat saya dan keluarga berjalan jalan di Pantai Kuta, kami di hampiri oleh seorang pria dan dia mengaku sebagai staff dari Karma Royal Group. Singkat cerita, kami di bawa ke kantor Karma Royal Group di Jimbaran. Setelah mendengar penjelasan yang memang saya akui cukup melelahkan ( sekitar 2 jam lebih ) akhirnya saya putuskan bahwa Banyak sekali keuntungan yang akan saya dapatkan jika saya menjadi member di Karma Royal Group berhubung saya suka traveling untuk urusan business, dan kalau membawa keluarga liburan, kami memang selalu menginap di Hotel minimum 4 star dengan stay sekitar 5 s/d 7 hari.Kenapa saya berkesimpulan seperti itu??
Berikut penjelasan saya.
1. Dengan membayar biaya member senilai Rp.88.000.000,-/25 tahun dimana saya bayar DP sebesar Rp.22.000.000 dan sisanya sebesar 66.000.000 saya cicil selama 60 bulanPlus biaya perawatan senilai +/- 9jutaan per 2 tahun atau setara Rp.110.000.000,- untuk 25 tahun, maka saya sudah mulai "menabung" untuk meringankan biaya Hotel untuk liburan keluarga saya yaitu sebesar +/- Rp8juta per tahun.
2. Apa yang saya dapatkan benefit menjadi member di Karma Royal Group ? Jawaban nya :
a. Menginap Gratis 24 hari 23 malam di Resor Karma Royal Group di kamar jenis 2 bed room yang berlaku untuk 36 bulan dan berlaku di semua hari dan dapat di gunakan di Bali atau Thailand.
b. Mendapatkan free pas masuk ke Pantai Karma Kandara untuk kami sekeluarga ( 6 orang ) yang kalau gak jadi member musti bayar Rp.500.000/orang atau setara 3juta untuk kami sekeluarga.
c. Mendapatkan point yang dapat saya gunakan untuk per 2 tahun menginap di Resor Karma Royal Group atau affiliasi mereka untuk 7 hari 6 malam untuk 1 bed room atau 6 hari 5 malam untuk 2 bedroom
d. Jika saya tidak lagi memiliki point, makauntuk menginap 7 hari 6 malam untuk 1 bed room saya hanya membayar USD 299 dan untuk 2 bedroom saya hanya membayar USD 399.
e. Untuk menginap di Vila, seperti Karma Kandara, member mendapatkan discount 50%.
3. Dengan benefit yang saya dapatkan tersebut, apa yang menjadi perhitungan saya sehingga saya merasa beruntung? Jawaban nya dalam ilustrasi sebagai berikut :
a. Asumsi jika saya tidak menjadi member, dalam setahun saya menginap di resor Karma Royal Group type 2 bedroom untuk 8 hari 7 malam, maka saya harus membayar sekitar 28juta
b. Asumsi dalam setahun saya menginap 3 hari 2 malam di Karma Kandara maka saya harus membayar sekitar 26juta.
c. Berarti dalam Setahun saya harus expenses 54 juta hanya untuk bayar kamar Hotel.
d. Dengan menjadi member dan “menabung” sebesar 8juta per tahun + 50% X 26juta atau Total senilai 21 juta per tahun maka saya sudah menghemat sebesar Rp.33 juta Pertahun X 25 tahun = 825juta + Gratis kamar resor 2 bedroom untuk 24 hari 23 malam dalam 3 tahun.
4. Kesimpulan saya :
a. Jika anda memiliki budget dalam berlibur dengan keluarga adalah Low Budget, maka Program ini tidak akan cocok dengan keuangan anda.
b. Program ini bukan lah penipuan.
c. Ada harga ada barang. Jangan mimpi nginap di Resor atau Vila LUXURY tapi budget cekak trus nuduh orang lain menipu karena masih banyak budget Hotel yang rate nya sekitar 200 ribuan per malam yang sesuai dengan budget yang anda miliki.

Theresia Mariana F said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Hari ini saya di tlp oleh pihak karyawan karma dgn no tlp 021-50988639. Awalnya saya mengisi data undian dr facebook
Berikut linknya :
https://l.facebook.com/l.php?u=https%3A%2F%2Fkarmaexperience.com%2Foffer%2Fke-coldline-salak-w1apr21%2F&h=AT3fBaXFC9o6yHOb8v4MTIAXn8hqX771nlLGXoi_NuIaW2riU-rDLkr1tDUTnIE6kXmKeotdNjsvuLkyq7ikAICqvce3i-adVMKegR9N0uUb8VjeCMKAMwfHT7-Ym8SEhw&s=1&sfnsn=wiwspwa

Saya berpikir, lumayan kalau dpt free voucher kan buat refreshing. Pandemi ini sungguh membuat saya tdk bebas bergerak kemana mana. Sdh 2 thn saya tdk pernah berlibur atau jalan" lg..
Saya butuh liburan banget.

Saya pun ditawarkan utk pengambilan voucher menginap 7hr 6mlm di karma salak gadong-bogor. staffnya jg menyebutkan alamat lengkapnya.bdan pengambilan vouvhernya di tgl 25 mei 2021 / selasa, jam 6 sore. Dan sebentar saja jg bs. Jg telat gpp.
Jg ditnykkan apakkah pny kartu kredit gold? Saya blg ada tp punta suami. Saya gag pny krn cmn tambahan saja. Trs staffnya jg apakah ada kartu bca? Ada jawab saya. Ibu pny yg platinum kan ya?
Ya ada. Trs saya menelpon suami utk memastikkan kartu kreditnya di atas gold minimum gold.

Setelah telepon suami blg hati-hati jgn kasih no kredit card nya. Saya blg iyah, gag mungkinlah.

Dan di pastikan lg kalau usia saya dan suami adalah 35thn. Sy blg saya 35thn dan suami 33thn. Oo yah gpp katanya..

Lalu saya blg mas jgn hr selasa, suami kan kerja. Dia menawarkan hari senin atau selasa. Saya blg gag bs kalau hr selasa atau biasa gt. Plg sabtu/minggu. Suasana saat itu sungguh berisik sekali. Krn anak ngerengek digangguin puppies yg mau mengajaknya bermain. Sdgkan anak saya masih kecil dan belum mengerti. Dia pikir di gigit". Dan dia takut digigi. San nangis trs.. manggil" mommynya...
Ank saya jg sibuk mengursie puppiesnya keluar kamar.
Pusing saya .. dan sayapun tdk bisa fokus mendgrkan suara ditlp itu. Lalu suami ada mengirimkan link karma hotel penipuan. Di link skrg ini yg saya bacakan. Crtanta krg lebih sama metodenya.
Lanjut sy bertnya apakah ada biaya dll? Staffnya blg tidak ada sama sekali hny ada deposit 200rb, itupun akan di kembalikan saat ibu menginap. Bgtu katanya.
Okeh 299rb.. masih gpp lah.. aggap aja uang admin dalam hati saya yah..
Trs krn hr biasa gag bs. Akhirny tlp saya di hild. Dan staff nya sdg bertny apakah bisa sabtu/mgg. Yg tdnya dia blg gag bs hr sbtu/mgg tiba-tiba jd bisa.. sbtu tgl 29 mei ini ya bu.. bisa? Krn bgtu saya dpt link ini dan baca. Saya cancel dgn alesan tdk diijinkan oleh suami krn sedang pandemi bgini. Akhirnya di tutup saja oleh staffnya. Dan tdk ada tawaran lg apa tdk sayang dll.. bgtu..
Atau mgkn mereka sdg menyusun rencana utk tlp besok lg ya..?? Menyesuaikan data dan keuangan saya dan suami..
Yah semoga saja tdk ditlp lg..
Tp yg saya bingung apa tdk ada dr pihak polisi yg mengusut ini ya??

Unknown said...

Wah.... kasusnya mirip banget sama saya. Saya juga bgt... tp saya waktu itu lagi ada uangnya. Jadi saya bayar cash didiscount, jadi bayarnya 80 jt. Tp saya langsung memanfaatkan fasilitasnya. Saya sudah pakai di Bali 3 kali (@seminggu), di Chiang Mai satu kali (@seminggu) dan inj saya bisa beramai ramai dengan suami, anak dan 4 cucu, di German satu kali (@seminggu) ini saya bisa berempat. Saya merasakan betapa enaknya fasilitas yg diberikan. Kita merasa aman tinggal di hotelnya dan dilayani dengan baik. Waktu di German malah saya dikasih card utk free naik turun bus sekitar lokasi kota saya menginap. Tp sejak Pandemi saya tidak bisa bayar iuran tahunannya. Eh thn ini di thn 2022 saya dikasih voucher nginap gratis di Karma Salak Bogor yg baru dibuka. Menginap 4 hari 3 malam. Dan dapat breakfast. Tp untuk dua org saja. Saya mau bawa cucu g bisa... karena mau booking kamar tambahan... sudah full.... yah di syukurin sajalah. Nikmati saja yg ada...... semoga diakhir usia / lansia ini saya masih dapat menikmati penginapan gratisnya.

Anonymous said...

Yang bela karma, nipu ini pasti

Anonymous said...

Barusan hampir kena, gara2 ngisi form promo instagram sialan. Besoknya langsung ditelpon. Disuruh ke tour karma merapi jogja. Sy sudah nyerahin foto ktp dan cc, disuruh bayar biaya reservasi 200rb untung blum bayar. Langsung browsing2 nemu ini. Langsung aku hapus semua data2 yang kukirim. Sy cancel marah2, saya blokir wa dan telpnya.

Anonymous said...

Wah samaan nih..brsn sy jg ditlp dan di WA dibrth klo akn dpt vocer nginep 7 hr 7 mlm di Karma hotel group, tp diminta ftcp ktp sy n suami dan ft credit card serta byr 200 rb dulu.ntar pas ambil vocer uang 200 akan dikembalikan sblm kamj diminta dengerin presentasi mrk 90 men di karma merapi yogja..Sy ragu, ..dan stlh dpt info ini sy batal sj dptin vocer mrk

Anonymous said...

Hari ini tgl 30 Mei 2022, sy jg dapat telp barusn Jm 19.00an dr Karma Resort Salak yg ktnya blm dipublish utk umum. Dijadwalkan utk datang ambil Voucher nginep gratis 7 hr 6 mlm ato 3 hari 2 mlm nya di Juni tgl 2,3 ato 4.. ya idah baca ini jadi tau itu marketing tipu² suruh bjadi agen ya ??

cips mood said...

Kok sama semua yaaa rata2... Head office nya namanya Hilda.. Saya dapat yg 4hr 3mlm di bali.. Jadi gaman mau berangkat.. Hari ini sudah di tlep 2x org Marketing yg di Bali, namanya Reza...

cips mood said...

Anonymous said...

Gmn cara hapus data yg sdh kita kasih. Tlg infonya dong 081296748083. Barusan sy dpt tlp

Anonymous said...

Wah gmn ini yaa..sya udah telanjur kirim 300rb 😔😔

Anonymous said...

Saya coba ikut penawaran yang diberikan, rekomendasi dari temen saya yang dia sudah coba ikut presentasinya di Karma Salak Bogor. Sama disuruh bayar 200rb juga. Di awal sudah disampaikan akan meminta kesediaan waktunya sekitar 90 menit. Setelah selesai uang 200rb dikembalikan dan dapat voucher menginap di Karma selama 7 hari berlaku 2 tahun.

Temen sudah ada yang pakai voucher hotelnya dan so far aman.
Intinya ini adalah salah satu teknik marketing/sales, sah-sah aja untuk menawarkan barang dan jasa. Tinggal pandainya konsumen untuk memutuskan. Kalau memang punya dana untuk invest silahkan, kalau tidak ya tidak perlu ambil.

Saya sih bukan staf atau agennya Karma ya..
Cuman mau kasih honest review aja.. itung2 bantuin salesnya aja dengan luangkan waktu untuk pekerjaan mereka, denger mreka presentasi, abis itu dapet voucher. hehe..
Seperti lagi di mall bantuin sales properti buat capai target harian mereka.

Tapi kalau mau sekalian invest ya silahkan dinilai dulu nilai investasinya disesuaikan dengan kondisi financial masing2.

Anonymous said...

Iya saya juga gara" di fb isi data dan ditlp dapat voucher 7hari di karma salak..itu penipuan ya...

Anonymous said...

Ada yang mau karma group member sy? Sy mau jual murah bgt.. krn baru punya anak nga mungkin liburan juga.. kalo ada yg pernah denger presentasi, pengen tp budget kmahalan.. boleh reply yaa.. 50% off

Anonymous said...

saya baru saja dapat telp juga dr karma merapi,,jadi bgmna teman2 apakah ini benar atau penipuan?

tete suharti said...

ini sebeneranya teknik marketing,..

di kasih gratis untuk memasarkan produk2 mereka.

apa memaksa?tidak secara terang-terangan, jika telinga anda kuat menginap di tempat yang anda tolak penawarannya tidak apa2.

yang jelas liburan anda tidak akan nyaman..tidak seperti yang anda bayangkan..

saran saya :
jika tidak ada budget liburan tahan dulu, liburan itu untuk mengobati jiwa bukan memperparah.


Anonymous said...

Saya ndak bilang ini penipuan sih.

Tapi buat mbak2 telemarketing carmah, plis lah ini udah 2022. Yakinkan diri masih ada pekerjaan yang lebih worth to try.

Semangaaat!!