Wednesday, July 16, 2014

Tips Berpuasa Untuk Penderita Penyakit Maag



7 Tips Berpuasa bagi Penderita Maag agar Tetap Sehat - Pada saat berpuasa, perut akan mengalami peningkatan asam lambung yang dapat menimbulkan gejala sakit maag paska 6 hingga 8 jam berpuasa. Untuk orang yang sehat, hal seperti ini bisa diatasi dengan memilih makan yang tepat saat buka dan sahur serta melakukan kegiatan yang tidak menimbulkan terjadinya peningkatan udara pada lambung serta peningkatan asam lambung. Nah, bagaimana bila memiliki gangguan penyakit maag? Untuk itulah,Initips.com akan berbagi sedikitnya 7 tips sehat dan juga tips makan dan beraktivitas untuk penderita sakit maag selama bulan puasa: 

Tips berpuasa untuk penderita penyakit maag


  1. Sebaiknya memakan makanan yang memiliki proses pembakaran yang lambat pada tubuh, seperti karbohidrat kompleks, contohnya gandum, kacang-kacangan, dan sebagainya. 
  2. Sebaiknya memakan makanan yang berserat tinggi, seperti gandum, sayur (kacang hijau, bayam, kacang polong) serta buah-buahan.
  3. Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gas, antara lain minuman yang mengandung gas (minuman bersoda). 
  4. Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, dan sari buah sitrus/jeruk. 
  5. Hindari makanan yang sulit dicerna. Hal ini menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung, seperti makanan berlemak, kue tart, cokelat, keju. 
  6. Hindari makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, yaitu makan yang mengandung cuka dan pedas, merica, dan bumbu yang merangsang. 
  7. Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan, antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan. 
Seperti itulah tips kesehatan kali ini terkait 7 Tips Berpuasa bagi Penderita Maag agar tetap sehat selama bulan Ramadhan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat kepada pembaca. Terima kasih!

No comments: