Friday, February 13, 2009

Target polisi untuk dapat menyelesaikan kasus aksi unjukrasa anarkis di Kantor DPRD Sumut

Medan, 13/2 (www.antarasumut.com) - Target polisi untuk dapat menyelesaikan kasus aksi unjukrasa anarkis di Kantor DPRD Sumut yang berujung meninggalnya Ketua DPRD Sumut, H Azis Angkat pada 5 Maret 2009 mendatang, perlu terus dikawal. Polisi juga diminta tidak sembrono melakukan pemeriksaan terhadap para saksi dan menetapkan tersangka hanya untuk mengejar target waktu semata. Hal ini dikatakan calon anggota DPR RI dari Partai Demokrat Big Solon Sihombing.

"Tentunya hal ini perlu diapresiasi dengan memberikan pengawasan.. Juga polisi tidak semborono memeriksan para saksi dan menetapkan para tersangka. Jangan sampai muncul gugatan baru kepada polisi," kata Big Solon kepada wartawan, Jumat.

Sebelumnya Kepala Polisi Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu)  Irjen Pol Nanan Soekarna menegaskan akan menyapu bersih aktor-aktor intelektual demo anarkis Protap. Bahkan, ia memerintahkan jajarannya agar menuntaskan kasus ini hingga 5 Maret 2005.

"Saya memberi sprint (surat perintah-red) hingga 5 Maret untuk menuntaskan kasus ini. Pada prinsipnya siapa yang terlibat akan kita periksa. Dan jika terbukti bersalah akan kita tangkap," tandas Nanan Soekarna. (I01MOS/A01MOS)



Get your preferred Email name!
Now you can @ymail.com and @rocketmail.com.

Your friend, poi, has sent you this page from JobStreet.com

Your friend poi (siahaandesain@yahoo.com) has sent you this link.

http://id.jobstreet.com/announcement/2009/c/cworld1mkay.htm


poi's message to you:

Lowongan Kerja


***************************************************************
Have you signed up with JobStreet.com? It's FREE. With a
JobStreet.com account, you can:
* Receive daily job alerts that match your preferences
* Apply to jobs online at JobStreet.com
* Track your job application status
* and much more!

Visit http://www.jobstreet.com or write to lina@jobstreet.com
for inquiries.

Your friend, poi, has sent you this page from JobStreet.com

Your friend poi (siahaandesain@yahoo.com) has sent you this link.

http://id.jobstreet.com/announcement/2009/c/cworld1mkay.htm


poi's message to you:

Lowongan Kerja


***************************************************************
Have you signed up with JobStreet.com? It's FREE. With a
JobStreet.com account, you can:
* Receive daily job alerts that match your preferences
* Apply to jobs online at JobStreet.com
* Track your job application status
* and much more!

Visit http://www.jobstreet.com or write to lina@jobstreet.com
for inquiries.

Pegagan Tanaman Obat

Berkas:Pegagan.jpg

Pegagan(Centella asiatica, (Linn), Urb.)
Sinonim :

= Hydrocotyle asiatica, Linn.
= Pasequinus, Rumph.

Familia :

Umbelliferae

Uraian :

Terna liar, terdapat di seluruh Indonesia, berasal dari Asia tropik. Menyukai tanah yang agak lembab dan cukup mendapat sinar matahari atau teduh, seperti di padang rumput, pinggir selokan, sawah, dan sebagainya. Kadang-kadang di tanam sebagai penutup tanah di perkebunan atau sebagai tanaman sayuran (sebagai lalab), terdapat sampai ketinggian 2.500 m di atas permukaan laut. Pegagan merupakan terna menahun tanpa batang, tetapi dengan rimpang pendek dan stolon-stolon yang merayap dengan panjang 10 cm - 80 cm, akar keluar dari setiap bonggol, banyak bercabang yang membentuk tumbuhan baru. Helai daun tunggal, bertangkai panjang sekitar 5 cm - 15 cm berbentuk ginjal. Tepinya bergerigi atau beringgit, dengan penampang 1 cm - 7 cm tersusun dalam roset yang terdiri atas 2 - 10 helai daun, kadang-kadang agak berambut. Bunga berwarna putih atau merah muda, tersusun dalam karangan berupa payung, tunggal atau 3-5 bersama-sama keluar dari ketiak daun. Tangkai bunga 5 mm - 50 mm. Buah kecil bergantung yang bentuknya lonjong/pipih panjang 2 - 2,5 mm, baunya wangi dan rasanya pahit.

Nama Lokal :

Daun kaki kuda (Indonesia), Pegaga (Ujung Pandang); Antanan gede, Antanan rambat (Sunda), Dau tungke (Bugis); Pegagan, Gagan-gagan, Rendeng, Kerok batok (Jawa); Kos tekosan ( Madura), Kori-kori (Halmahera);

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Hepatitis, Campak, Demam, Amandel (Tonsilis), Sakit tenggorokan; Bronkhitis, Infeksi dan Batu saluran kencing, Mata merah, Wasir; Keracunan, Muntah darah, Batuk darah, mimisan, Cacingan, Lepra;

Pemanfaatan :
BAGIAN YANG DIPAKAI : Seluruh tanaman.

KEGUNAAN :

1.Infectious hepatitis, campak (measles).

2.Demam, radang amandel (tonsillitis), sakit tenggorok, bronchitis.

3.Infeksi dan batu sistem saluran kencing.

4.Keracunan Gelsemium elegans, arsenic.

5.Muntah darah, batuk darah, mimisan.

6.Mata merah, wasir.

7.Sakit perut, cacingan, menambah nafsu makan.

8.Lepra.

PEMAKAIAN: 15 - 30 gram pegagan segar, direbus, minum. Atau dilumatkan, peras, minum airnya. PEMAKAIAN LUAR : Dilumatkan, ditempel ke bagian yang sakit. Dipakai untuk: Gigitan, ular, bisul, luka berdarah, TBC kulit.

CARA PEMAKAIAN :

1. Kencing keruh (akibat infeksi/batu sistem saluran kencing): 30 gram pegagan segar direbus dengan air cucian beras dari bilasan kedua.

2. Susah kencing: 30 gram pegagan segar dilumatkan, tempel di pusar.

3. Demam: Segenggam daun pegagan segar ditumbuk, kemudian ditambah sedikit air dan garam, saring. Diminum pagi-pagi sebelum makan.

4. Darah tinggi: 20 lembar daun pegagan ditambah 3 gelas air, direbus sampai menjadi 3/4-nya. Sehari diminum 3 x 3/4 gelas.

5. Wasir: 4-5 batang pegagan berikut akar-akarnya direbus dengan 2 gelas air selama ± 5 menit. Minum rebusan ini selama beberapa hari.


6. Pembengkakan hati (liver) : 240 gram - 600 gram pegagan segar direbus, minum secara rutin. 7. Campak: 60 -120 gram pegagan direbus, minum

8. Bisul : 30 gram - 60 gram pegagan segar direbus, diminum. Pegagan segar dicuci bersih, dilumatkan ditempelkan ke yang sakit.

9. Mata merah, bengkak : Pegagan segar dicuci bersih, dilumatkan, diperas, airnya disaring. Teteskan ke mata yang sakit 3 - 4 kali sehari.

10. Batuk darah, muntah darah, mimisan : 60 - 90 gram pegagan segar direbus, atau diperas, airnya diminum.

11. Batuk kering : segenggam penuh pegagan segar dilumatkan, peras. Ditambah air dan gula batu secukupnya. Minum.

12. Lepra : 3/4 genggam pegagan dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air, sampai menjadi 3/4 -nya. Saring, diminum setelah dingin, sehari 3 x 3/4 gelas.

13. Penambah nafsu makan : 1 genggam daun pegagan segar direbus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Minum sehari 1 gelas.

14. Teh daun pegagan segar berkhasiat : Pembangkit nafsu makan, menyegarkan badan, menenangkan, menurunkan panas, batuk kering, mengeluarkan cacing di perut, mimisan.

15. Lalaban pegagan berkhasiat segar berkhasiat : Membersihkan darah, terutama pada bisul, tukak berdarah. Memperbanyak empedu, sehingga memperbaiki gangguan pencernaan.

Komposisi :
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS : Rasa manis, sejuk. Anti infeksi, antitoxic, penurun panas, peluruh air seni. KANDUNGAN KIMIA : Asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine, zat samak. Senyawaan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside dan senyawaan sejenis, mempunyai kasiat anti lepra (Morbus Hansen),

Download cara Budidaya Pegagan

Buah Merah Papua

Pandanus conoideus


Klasifikasi ilmiah

Kerajaan:

Plantae

Divisi:

Magnoliophyta

Kelas:

Liliopsida

Ordo:

Pandanales

Famili:

Pandanaceae

Genus:

Pandanus

Spesies:

P. Conoideus

Nama binomial

Pandanus conoideus
Lam.

Buah Merah adalah sejenis buah tradisional dari Papua. Oleh masyarakat Wamena, Papua, buah ini disebut kuansu. Nama ilmiahnya Pandanus Conoideus Lam karena tanaman Buah Merah termasuk tanaman keluarga pandan-pandanan dengan pohon menyerupai pandan, namun tinggi tanaman dapat mencapai 16 meter dengan tinggi batang bebas cabang sendiri setinggi 5-8 m yang diperkokoh akar-akar tunjang pada batang sebelah bawah.

Kultivar buah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun buah. Buah Merah sendiri panjang buahnya mencapai 55 cm, diameter 10-15 cm, dan bobot 2-3 kg. Warnanya saat matang berwarna merah marun terang, walau sebenarnya ada jenis tanaman ini yang berbuah berwarna coklat dan coklat kekuningan. Bagi masyarakat di Wamena, Buah Merah disajikan untuk makanan pada pesta adat bakar batu. Namun, banyak pula yang memanfaatkannya sebagai obat. Secara tradisional, Buah Merah dari zaman dahulu secara turun temurun sudah dikonsumsi karena berkhasiat banyak dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mencegah penyakit mata, cacingan, kulit, dan meningkatkan stamina. [sunting] Budidaya Budidaya tanaman dipelopori oleh seorang warga lokal Nicolaas Maniagasi sejak tahun 1983, dan atas jerih payahnya tersebut mendapatkan penghargaan lingkungan hidup Kehati Award 2002. Buah ini banyak terdapat di Jayapura, Manokwari, Nabire, dan Wamena.

Kandungan dan khasiat

Adapun penelitian tentang khasiat pengobatan Buah Merah pertama kali dilakukan oleh peneliti dosen Universitas Cendrawasih di Jayapura yaitu Drs. I Made Budi M.S. sebagai ahli gizi dan dosen Universitas Cendrawasih sempat mengamati secara seksama kebiasaan masyarakat tradisional di Wamena, Timika dan desa-desa kawasan pegunungan Jayawijaya yang mengkonsumsi Buah Merah. Pengamatan atas masyarakat lokal berbadan lebih kekar dan berstamina tinggi, padahal hidup sehari-hari secara asli tradisional yang serba terbatas dan terbuka dalam berbusana dalam kondisi alam yang keras serta terkadang bercuaca cukup dingin di ketinggian pegunungan. Keistimewaan fisik penduduk lain yakni jarang yang terkena penyakit degeneratif seperti: hipertensi, diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Dengan meneliti kandungan komposisi gizinya, ternyata dalam ujud sari Buah Merah itu banyak mengandung

antioksidan (kandungan rata-rata): Karoten (12.000 ppm)Betakaroten (700 ppm)Tokoferol (1
  • 1.000 ppm)

Di samping beberapa zat lain yang meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain: asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, dekanoat, Omega 3 dan Omega 9 yang semuanya merupakan senyawa aktif penangkal terbentuknya radikal bebas dalam tubuh.

Betakaroten berfungsi memperlambat berlangsungnya penumpukan flek pada arteri. Jadi aliran darah ke jantung dan otak berlangsung tanpa sumbatan. Interaksinya dengan protein meningkatkan produksi antibodi. Ini meningkatkan jumlah sel pembunuh alami dan memperbanyak aktifitas sel T Helpers dan limposit. Suatu kutipan studi membuktikan konsumsi betakaroten 30-60 mg/hari selama 2 bulan membuat tubuh dapat memperbanyak sel-sel alami pembasmi penyakit. Bertambahnya sel-sel alami itu menekan kehadiran sel-sel kanker karena ampuh menetralisasikan radikal bebas senyawa karsinogen penyebab kanker.

Dalam beberapa penelitian terbatas yang dilakukan I Made Budi dengan metode pengobatan langsung dengan Sari Buah Merah, peneliti mengungkapkan keberhasilan yang amat tinggi dalam upaya pengobatan yang dilaksanakan terhadap beberapa penyakit.

Cara Memilih Buah Merah

Sebenarnya buah merah yang patut di konsumsi oleh maysarakat kita ialah buah merah yang produksi langsung dari Paupua. Sebab kandungan tertinggi seperti alkaloid, fenol dan glikosida dsb biasaya terdapat pada buah merah yang tumbuh di Pegunungan dengan ketinggian sesuai , yang mana saat ini hanya di temukan di Pegunungan Jayawijaya.

Ciri dari buah merah yang berkasiat ialah buah merah yang telah matang dan bentuknya kurang lebih membentuk semacam lampu, buah merah yang demikan yang memang benar-benar berkhasiat.

HABITAT

Berbicara habitat, memang banyak dari para produsen saat ini berlomba-lomba mencari daerah habitat buah merah di luar papua dengan mengkesampingkan mutu.

Berdasarkan survei kami terahkir ada beberapa produsen besar yang mana untuk mendapatkan buah merah ini, mereka khusus mendatangkan kapal dan mulai untuk memanen buah merah secara massal dan besar-besaran dari sekitar halmahera utara dan sekitarnya.

Namun upaya ini sebenarnya merupakan langkah bunuh diri bagi perusahaan yang bersangkutan, sebab pada habitat buah merah yang diambil dari daerah pesisir , tidak mengandung senyawa-senyawa antioksidan yang terbukti saat ini , berpotensi untuk menyembuhkan segala jenis penyakit. Sehingga jelas di pemandangan kami , bahwa orientasi perusahaan yang demikian memang hanyalah pada margin keuntungan dengan menomorduakan kualitas. Bahkan saat kami tanya pada penduduk setempat mengenai kegunaan buah tersebut, banyak dari mereka mengatakan bahwa buah merah tersebut , selama ini hanya dijadikan sebagai komoditas untuk bahan baku pewarna, namun karena permintaan dari produsen maka tidak ada alasan bagi mereka untuk memanen buah merah tersebut untuk para produsen.

Tetapi yang mengherankan justru banyak dari konsumen yang lebih membeli harga dari pada membeli kualitas, padahal konsumen yang demikian tidak ubahnya dengan membeli pewarna merah dengan harga yang cukup mahal.

Jaminan Secara Legalitas

Belakangan ini mulai banyak bermunculan produsen pengolahan Buah Merah dengan skala pabrikan diantaranya mereka mulai mengolahdan memproduksi Buah Merah di Wamena, Jakarta, Karawang, Bogor dan Bandung. Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) hingga 17 Maret 2005dan menyatakan bahwa banyak perusahaan yang memproduksi buah Merah namun barulah 5 perusahaan yang telah mengakntongi Izin Departemen Kesehatan.

Kelima nama Perusahaan tersebut adalah PT. Berial Sumber Medica (Buah Merah), PT Ultratend Biotech Indonesia (Minyak Buah Merah) PT Reddis Papua, PT Trias Sukses Dinamika (Red Papua), PT Mahkota Rizki (Sari Buah Merah).

Legalitas menurut kami sangat penting sebagai jaminan atas produk yang kita beli.

Kemurnian

Untuk kualitas sendiri menurut saya bila kita berpikir secara logis, buah merah saat ini dikenal sebagai buah yang mudah sekali untuk busuk. Typical mereka setelah lewat 1-2 hari seringkali buah tersebut telah menjadi hitam dan mulai membusuk.

Untuk pemrosesan keluar papua, mereka harus mengolah secara cepat, dini hari mereka panen haruslah pagi sudah di bawa oleh pesawat menuju Jakarta dan sekitarnya.

Namun menjadi ke ganjilan bagi kami sebenarnya untuk pemrosesan yang diadakan diluar Jakarta. Apakah yakin mereka dapat menutup cost. Sebab bayangkan untuk buah merah sepanjang 1 meter dengan berat 20-30 kg. Sari Buah Merah yang di hasilkan hanyalah sekitar 250ml. Ada yang berkata satu minggu mampu memproduksi secara massal di daerah Jabotabek berarti mereka sendiri harus menyewa pesawat logikannya. Sebab untuk kapasitas produksi mingguan yang seperti yang didengungkan apakah dapat pesawat yang membawanya, karena bila satu minggu produksinya demikian besar otomatis perlu satu pesawat perhari (full buah merah) untuk membawa bahan baku untuk mencapai kuota mereka(ingat satu buah merah menghasilkan +/- 250ml) , padahal frekuensi penerbangan disana tidak banyak ! dan mereka juga masih membawa penumpang serta barang lain.

Lantas angka produksi sedemikian juga perlu di pertanyakan, sisanya dari mana? Apakah mereka mencampurnya ?Bila memang ternyata bisa menyewa satu pesawat mengapa tidak uang modal sedemikian besar di buat membangun pabrik penyulingan disana? Otomatis ongkos/freight 30kg menyusut menjadi 100 ml 200ml dan 300ml. Dugaan kami barang yang di bawa ke Jakrta tidaklah sebesar pernyataan yang santer kita dengarkan, kalau ternyata di Jawa mereka mampu memproduksi dengan angka demikian, kembali kepada Anda untuk menilainya.

Tips dari buah-merah.info janganlah cepat percaya kata-kata asli, saran kami cobalah untuk membeli secara kecil satu persatu dan buktikan kemurniannya dengan cara

1. Menyimpan di almari es (bukan frezzer)

Bila memang ternyata membeku, maka jelas produk yang anda beli di campur minyak goreng/minyak zaitun/kecap, Banyak mengatakan buah merah bagus bila di campur dengan minyak zaitun, secara gamblang dasar demikian dari mana? Padahal penyampuran buah merah dengan bahan lain seperti minyak goreng menjadikan campuran tersebut menjadi minyak jenuh. Secara umum penyampuran tersebut sangat berbahaya khususnya bagi penderita asma, sirosis, gangguan paru-paru, bisa jebol organ yang bersangkutan

2. Meneliti dengan Menyinari

Bila mengandung campuran , saat kita senter botol yang kita beli tidak akan terlihat tembus pandang, atau dengan kata lain masih banyak serat atau pasta yang di dalam.

Pasta yang masih berada didalam inilah yang menyebabkan buah merah cepat membusuk, seperti halnya buah mengkudu atau noni yang harus di habiskan dengan segera. Namun untuk buah merah pada umunya lebih lama masa pembusukannya, namun bila Anda membeli dari produsen hal yang demikian harus sesegera mungkin untuk dikonsumsi ataupun bila anda menjual harus segera untuk di jual, sebab di pengalaman kami , pernah sekali kami menjumpai buah merah yang masih dalam botol namun kondisinya sudah membusuk, apakah anda akan mengkonsumsinya?

3. Meneliti Melalui Aroma

Metode ini dapat anda buktikan setelah Anda membeli semua produk mereka, sebab kami tidak ingin di anggap menjelek-jelekan produk orang. Biasanya aroma seperti wijen akan kuat untuk buah merah yang benar-benar asli. Sebab diantara kelima perusahaan yang menerima Depkes, kami mencoba ada yang aroma wijennya sedikit, padahal dahulu sebelumnya sangat kuat.

Generalisasi

Tips dari kami untuk Anda bermain aman bila anda ingin menjual lagi ataupun mengkonsumsi adalah pilihlah dari prdusen yang jelas-jelas asli produksi Irian. Karena merek /brand tidak menjamin bahwa produksi mereka menggunakan bahan baku dari Irian Jaya. Sebab kandungan yang di dalam buah merah ini yang menurut kami hal terpenting saat anda membeli suatu produk.

Saat ini menurut gambaran kami ada dua produk yang boleh Anda jadikan refrensi, yaitu Buah merah Produksi Pak Made dan Buah Merah produksi PT. Prima Baliem Subur. Sebab mereka secara jelas memproduksi buah merah di Irian. Bukan berarti yang lain jelek namun ada bukti pendukung lain bahwa hasil tes Lakmus dari Trubus pun menunjukan Kedua produsen ini memiliki keaslian / kemurnian yang sangat memadai.

Namun dari Generalisasi dan berdasarkan survei, kita mengetahui bahwa Produksi Pak Made , secara harga lebih terjangkau dari produksi PT Prima Baliem Subur, namun kekurangan dari produksi ini ialah , masih di jumpai pasta mengingat disebutkan dari wawancara sebuah mass media bahwa Produksi Pak Made masih home industry dari orang Irian binaan Pak Made sehingga menggunakan cara pengelolahan masih belum modern. Sehingga buah tersebut boleh di bilang sedikit mudah busuk, Sehingga saran kami adalah tidak membeli dari penjual tangan kedua dan ketiga yang tidak anda ketahui kapan dia order barang tersebut. Kecuali Anda langsung membeli dari Papua fressh langsung dilevery. Dan botol yang di gunakan Pak Made (saat artikel ini ditulis) masih menggunakan botol plastik krem, hal ini sedikit bertentangan dengan khidah kemasan yang mana bahan baku / kimia pembuat botol ini kurang cocok bagi kemasan obat. Namun masih diakui obat olahan dari Pak Made Aslii... dan bagus kualitasnya

Untuk Produksi PT. Prima Baliem Subur, Buah Merah ini sedikit lebih mahal namun sudah di produksi secara Pabrikan di Wamena Papua sehingga dari penyulingan sudah mulai murni dan mereka menggunakan standart botol untuk obat seperti halnya botol Obat batuk Viks. Dari segi kualitas mereka sama dengan produksi Bp. Made hanya saja pasta sudah tidak terlihat, sehingga para konsumen tidak khawatir bila buah merah yang mereka beli dari pasar sudah sedikit membusuk. Dan juga ada disebutkan expired datenya.

Dan bagaimana tanggapan pasar, banyak yang menginginkan produksi Pak Made sebab pak Made penemunya namun banyak yang berpikir saya lebh baik menjual milik MBM, sebab Trubus dan Gramedia adalah perusahaan bonafit dan besar, sehingga tidak sembarangan mereka dalam menyeleksi dan menentukan partner untuk memproduksi buah merah bagi mereka. Pastilah mereka tidak mau pusing di kemudian hari dan mencari yang benar-benar aman di perjalanan penjualan produk mereka. Dari sekitar 11 produsen, PT. Prima Baliem Subur, yang memproduksi buah merah dengan brand Minyak Buah Merah (MBM) yang berhasil memenangkan tender, saya rasa ini acuan yang dapat kita gunakan bila kita ingin bermain aman seperti halnya Trubus dan Gramedia.

PENUTUP

Sekian sedikit tips dari kami, apabila berkeinginan membeli buah merah dari kami silahkan kirim emai grafhic.design@gmail.com atau sms ke 081377777072

Khasiat Buah Merah

Mengapa buah merah akhir-akhir ini menjadi sangat terkenal? Tentu tidak lain karena buah merah merah ternyata mempunyai kemampuan untuk membantu mengobati banyak penyakit.

Jenis-jenis penyakit yang dapat diobati buah merah antara lain:

1. AIDS

Walaupun para ahli telah bertahun-tahun mencoba membuat obat untuk menyembuhkan AIDS tetap saja obatnya masih belum ditemukan. Mungkin Anda sendiri merasa tidak percaya mengenai khasiat buah merah yang satu ini. Namun khasiat buah merah untuk menyembuhkan AIDS sudah terbukti. Salah satu seorang yang terbebas dari cengkeraman kematian akibat AIDS adalah Agustina Sawery.

Agustina Sawery sempat menurun berat tubuhnya dari 50 kg menjadi 27 kg. Ia mengalami infeksi anus, gangguan fungsi hati, mulut bercendawan dan infeksi paru-paru. Nampaknya Agustina tinggal menunggu jam kematiannya. Maka dia datang kepada Drs I Made Budi MS.Saat itu Made sudah dikenal luas di Papua lantaran kerap mengobati penyakit seperti kanker dengan ekstrak buah merah. Kemudian Agustina diberikan ekstrak buah merah yang dikonsumsi tiga kali sehari.

Sejak mengkonsumsi buah merah keadaannya mulai membaik. Berat badannya yang sempat turun sampai menjadi 27 kg mulai meningkat menjadi 46 kg. Kulitnya yang semua busik menjadi mulus kembali. Rambutnya yang sempat rontok mulai tumbuh lagi. Agustina menjadi jauh lebih bugar.

Dikabarkan bahwa kemampuan buah merah menyembuhkan AIDS adalah karena buah merah mengandung tokoferol dan betakaroten yang sangat tinggi. Kedua kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tokoferol dan betakaroten akhirnya berkombinasi untuk memecah asam amino yang dibutuhkan oleh virus penyebab AIDS, HIV, sehingga virus tersebut tak dapat melangsungkan hidupnya.

2. Kanker dan Tumor

Khasiat lain buah merah adalah mengobati kanker dan tumor. Kanker dan tumor tak diragukan lagi merupakan salah satu penyebab kematian terbesar. Disebabkan oleh apa kanker dan tumor itu? Penyakit ini disebabkan oleh ketidakteraturan hormon dalam tubuh yang menyebabkan tumbuhnya daging di jaringan tubuh normal.

Buah merah dapat mengobati kanker karena kandungan tokoferolnya sangat tinggi, yaitu mencapai 11.000 ppm dan betakarotennya mencapai 7.000 ppm. Kedua senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah pembiakan sel-sel kanker.

3. Stroke dan Darah Tinggi

Stroke disebabkan oleh darah yang membeku dan penyempitan pembuluh darah. Salah satu penyebab penyakit ini adalah darah tinggi. Tekanan darah tinggi menyebabkan penggumpalan darah sehingga pembuluh darah menyempit, akibatnya supplai darah berkurang. Lebih dari itu, pembuluh darah bisa pecah. Penyakit ini, bila tidak menyebabkan kematian, dapat menyebabkan kelumpuhan anggota badan.

Darah tinggi sendiri disebabkan oleh kerja jantung yang memompa darah terlalu cepat. Hal ini salah satunya disebabkan oleh karena darah kekurangan oksigen atau oksigen yang terlalu kental.

Buah merah mengandung tokoferol yang dapat mengencerkan darah dan memperlancar sirkulasi darah sehingga kandungan oksigen dalam darah menjadi normal.

4. Asam Urat

Asam urat dsebabkan karena terganggunya fungsi lever sehingga lever memproduksi asam urat secara berlebihan. Asam urat akhirnya tertampung di dalam ginjal menjadi batu dan dibawa ke ujung-ujung jari tangan dan kaki serta mengumpul di sana.

Tokoferol dalam buah merah mengencerkan darah dan memperbaiki sistem kerja lever. Sistem kerja lever, setelah diperbaiki, memproduksi kadar asam urat yang normal.

5. Diabetes Mellitus (Kencing Manis)

Penyakit ini disebabkan karena kelenjar pankreas tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang memadai. Akibatnya, kandungan gula dalam darah meningkat.

Kandungan tokoferol dalam buah merah memperbaiki kerja pankreas sehingga fungsi pankreas menjadi normal kembali.

6. Osteoporosis

Disebabkan pengeroposan tulang, osteoporosis disebabkan oleh kekurangan kalsium. Penyakit ini umumnya menyerang mereka yang sudah berusia senja.

Buah merah kaya akan kalsium sehingga dapat mencegah dan mengobati osteoporosis. Dalam 100 gram buah merah segar terkandung 54.000 miligram kalsium.

7. Gangguan Mata

Kandungan betakaroten yang tinggi dalam buah merah dapat mengatasi banyak jenis penyakit mata yang disebabkan kekurangan vitamin A. Betakaroten diserap oleh tubuh dan diolah menjadi vitamin A.

8. Meningkatkan Kecerdasan

Kandungan omega 3 dan omega 6 dalam buah merah dapat merangsang daya kerja otak dan meningkatkan kecerdasan. Oleh karena itu buah merah cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

9. Meningkatkan Gairah dan Kesuburan

Buah merah, menurut mereka yang mengkonsumsinya, dapat membantu meningkatkan gairah seksual kaum pria. Efek pengobatan bervariasi, ada yang bereaksi setelah 15 menit meminumnya, ada juga yang setelah satu atau dua jam meminumnya.

Vitamin E dalam buah merah membantu meningkatkan produksi sperma. Selain itu, buah merah mengandung energi tinggi, yaitu 360 kalori.

Selain khasiat-khasiat yang telah disebutkan di atas, buah merah dikabarkan dapat juga mengobati penyakit lambung, wasir, gangguan pada paru-paru dan sebagainya.

Mengenai Buah Merah

Buah merah pada akhir-akhir ini menjadi sangat populer karena terbukti mempunyai kemampuan menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Sebelumnya buah merah hampir tidak pernah terdengar. Banyak orang yang tidak tahu mengenai buah merah menanyakan tentang buah tersebut. Di sini kami memberikan sedikit informasi mengenai buah merah.

Buah merah pada umumnya tumbuh di tanah Papua. Di Papua, populasi buah merah terbanyak berada di pegunungan Jayawijaya. Di dataran rendah juga dapat ditemukan buah merah, tapi populasinya hanya sedikit. Masyarakat Papua sudah mengenal baik buah merah. Mereka sering mengkonsumsi buah merah untuk menambah stamina dan tenaga. Selain itu buah merah dikonsumsi pada upacara-upacara adat.

Buah merah masih satu keluarga dengan pandan. Tanaman ini, yang di Wamena umumnya disebut sauk eken, mempunyai nama ilmiah Pandanus conoideus. Terdapat sekitar 14 jenis buah merah di Papua. Keempat belas jenis buah merah ini mempunyai perbedaan pada bentuk, berat dan warna buahnya.

Di habitat aslinya, buah merah tumbuh baik di dataran rendah (40 m dpl) sampai dataran tinggi (2.000 m dpl). Namun populasi terbanyak terdapat di dataran dengan ketinggian 1.200 hingga 2.000 m dpl. Buah merah biasa tumbuh bergerombol dalam satu area, jarang tumuh menyendiri. Buah merah tumbuh di daerah dengan suhu di bawah 17 derajat Celcius dengan curah hujan rata-rata 186 mm per bulan dan jumlah penyinaran matahari 57% dan tekanan udara rata-rata 896 mb.

Buah merah sudah secara turun-temurun dikonsumsi oleh masyarakat Papua sebagai penambah energi dan daya tahan tubuh. Walaupun demikian, secara ilmiah khasiat buah merah baru diteliti oleh Drs. I Made Budi, MSi dari Universitas Cendrawasih. Menurutnya, buah ini mengandung zat-zat alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Diantaranya adalah karotenoid, betakaroten, alfa tokoferol, asam oleat, asam linoleat, asam linolenat dan dekanoat. Selain itu, buah merah mengandung banyak kalori untuk menambah energi, kalsium, serat, protein, vitamin B1, vitamin C dan nialin.

Kandungan gizi buah merah tergantung lokasi penanamannya. Buah merah yang tumbuh di daerah yang tinggi umumnya mempunyai kandungan gizi yang lebih kaya dibandingkan dengan buah merah yang tumbuh di daerah yang lebih rendah.