Friday, February 13, 2009

Cara Memilih Buah Merah

Sebenarnya buah merah yang patut di konsumsi oleh maysarakat kita ialah buah merah yang produksi langsung dari Paupua. Sebab kandungan tertinggi seperti alkaloid, fenol dan glikosida dsb biasaya terdapat pada buah merah yang tumbuh di Pegunungan dengan ketinggian sesuai , yang mana saat ini hanya di temukan di Pegunungan Jayawijaya.

Ciri dari buah merah yang berkasiat ialah buah merah yang telah matang dan bentuknya kurang lebih membentuk semacam lampu, buah merah yang demikan yang memang benar-benar berkhasiat.

HABITAT

Berbicara habitat, memang banyak dari para produsen saat ini berlomba-lomba mencari daerah habitat buah merah di luar papua dengan mengkesampingkan mutu.

Berdasarkan survei kami terahkir ada beberapa produsen besar yang mana untuk mendapatkan buah merah ini, mereka khusus mendatangkan kapal dan mulai untuk memanen buah merah secara massal dan besar-besaran dari sekitar halmahera utara dan sekitarnya.

Namun upaya ini sebenarnya merupakan langkah bunuh diri bagi perusahaan yang bersangkutan, sebab pada habitat buah merah yang diambil dari daerah pesisir , tidak mengandung senyawa-senyawa antioksidan yang terbukti saat ini , berpotensi untuk menyembuhkan segala jenis penyakit. Sehingga jelas di pemandangan kami , bahwa orientasi perusahaan yang demikian memang hanyalah pada margin keuntungan dengan menomorduakan kualitas. Bahkan saat kami tanya pada penduduk setempat mengenai kegunaan buah tersebut, banyak dari mereka mengatakan bahwa buah merah tersebut , selama ini hanya dijadikan sebagai komoditas untuk bahan baku pewarna, namun karena permintaan dari produsen maka tidak ada alasan bagi mereka untuk memanen buah merah tersebut untuk para produsen.

Tetapi yang mengherankan justru banyak dari konsumen yang lebih membeli harga dari pada membeli kualitas, padahal konsumen yang demikian tidak ubahnya dengan membeli pewarna merah dengan harga yang cukup mahal.

Jaminan Secara Legalitas

Belakangan ini mulai banyak bermunculan produsen pengolahan Buah Merah dengan skala pabrikan diantaranya mereka mulai mengolahdan memproduksi Buah Merah di Wamena, Jakarta, Karawang, Bogor dan Bandung. Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) hingga 17 Maret 2005dan menyatakan bahwa banyak perusahaan yang memproduksi buah Merah namun barulah 5 perusahaan yang telah mengakntongi Izin Departemen Kesehatan.

Kelima nama Perusahaan tersebut adalah PT. Berial Sumber Medica (Buah Merah), PT Ultratend Biotech Indonesia (Minyak Buah Merah) PT Reddis Papua, PT Trias Sukses Dinamika (Red Papua), PT Mahkota Rizki (Sari Buah Merah).

Legalitas menurut kami sangat penting sebagai jaminan atas produk yang kita beli.

Kemurnian

Untuk kualitas sendiri menurut saya bila kita berpikir secara logis, buah merah saat ini dikenal sebagai buah yang mudah sekali untuk busuk. Typical mereka setelah lewat 1-2 hari seringkali buah tersebut telah menjadi hitam dan mulai membusuk.

Untuk pemrosesan keluar papua, mereka harus mengolah secara cepat, dini hari mereka panen haruslah pagi sudah di bawa oleh pesawat menuju Jakarta dan sekitarnya.

Namun menjadi ke ganjilan bagi kami sebenarnya untuk pemrosesan yang diadakan diluar Jakarta. Apakah yakin mereka dapat menutup cost. Sebab bayangkan untuk buah merah sepanjang 1 meter dengan berat 20-30 kg. Sari Buah Merah yang di hasilkan hanyalah sekitar 250ml. Ada yang berkata satu minggu mampu memproduksi secara massal di daerah Jabotabek berarti mereka sendiri harus menyewa pesawat logikannya. Sebab untuk kapasitas produksi mingguan yang seperti yang didengungkan apakah dapat pesawat yang membawanya, karena bila satu minggu produksinya demikian besar otomatis perlu satu pesawat perhari (full buah merah) untuk membawa bahan baku untuk mencapai kuota mereka(ingat satu buah merah menghasilkan +/- 250ml) , padahal frekuensi penerbangan disana tidak banyak ! dan mereka juga masih membawa penumpang serta barang lain.

Lantas angka produksi sedemikian juga perlu di pertanyakan, sisanya dari mana? Apakah mereka mencampurnya ?Bila memang ternyata bisa menyewa satu pesawat mengapa tidak uang modal sedemikian besar di buat membangun pabrik penyulingan disana? Otomatis ongkos/freight 30kg menyusut menjadi 100 ml 200ml dan 300ml. Dugaan kami barang yang di bawa ke Jakrta tidaklah sebesar pernyataan yang santer kita dengarkan, kalau ternyata di Jawa mereka mampu memproduksi dengan angka demikian, kembali kepada Anda untuk menilainya.

Tips dari buah-merah.info janganlah cepat percaya kata-kata asli, saran kami cobalah untuk membeli secara kecil satu persatu dan buktikan kemurniannya dengan cara

1. Menyimpan di almari es (bukan frezzer)

Bila memang ternyata membeku, maka jelas produk yang anda beli di campur minyak goreng/minyak zaitun/kecap, Banyak mengatakan buah merah bagus bila di campur dengan minyak zaitun, secara gamblang dasar demikian dari mana? Padahal penyampuran buah merah dengan bahan lain seperti minyak goreng menjadikan campuran tersebut menjadi minyak jenuh. Secara umum penyampuran tersebut sangat berbahaya khususnya bagi penderita asma, sirosis, gangguan paru-paru, bisa jebol organ yang bersangkutan

2. Meneliti dengan Menyinari

Bila mengandung campuran , saat kita senter botol yang kita beli tidak akan terlihat tembus pandang, atau dengan kata lain masih banyak serat atau pasta yang di dalam.

Pasta yang masih berada didalam inilah yang menyebabkan buah merah cepat membusuk, seperti halnya buah mengkudu atau noni yang harus di habiskan dengan segera. Namun untuk buah merah pada umunya lebih lama masa pembusukannya, namun bila Anda membeli dari produsen hal yang demikian harus sesegera mungkin untuk dikonsumsi ataupun bila anda menjual harus segera untuk di jual, sebab di pengalaman kami , pernah sekali kami menjumpai buah merah yang masih dalam botol namun kondisinya sudah membusuk, apakah anda akan mengkonsumsinya?

3. Meneliti Melalui Aroma

Metode ini dapat anda buktikan setelah Anda membeli semua produk mereka, sebab kami tidak ingin di anggap menjelek-jelekan produk orang. Biasanya aroma seperti wijen akan kuat untuk buah merah yang benar-benar asli. Sebab diantara kelima perusahaan yang menerima Depkes, kami mencoba ada yang aroma wijennya sedikit, padahal dahulu sebelumnya sangat kuat.

Generalisasi

Tips dari kami untuk Anda bermain aman bila anda ingin menjual lagi ataupun mengkonsumsi adalah pilihlah dari prdusen yang jelas-jelas asli produksi Irian. Karena merek /brand tidak menjamin bahwa produksi mereka menggunakan bahan baku dari Irian Jaya. Sebab kandungan yang di dalam buah merah ini yang menurut kami hal terpenting saat anda membeli suatu produk.

Saat ini menurut gambaran kami ada dua produk yang boleh Anda jadikan refrensi, yaitu Buah merah Produksi Pak Made dan Buah Merah produksi PT. Prima Baliem Subur. Sebab mereka secara jelas memproduksi buah merah di Irian. Bukan berarti yang lain jelek namun ada bukti pendukung lain bahwa hasil tes Lakmus dari Trubus pun menunjukan Kedua produsen ini memiliki keaslian / kemurnian yang sangat memadai.

Namun dari Generalisasi dan berdasarkan survei, kita mengetahui bahwa Produksi Pak Made , secara harga lebih terjangkau dari produksi PT Prima Baliem Subur, namun kekurangan dari produksi ini ialah , masih di jumpai pasta mengingat disebutkan dari wawancara sebuah mass media bahwa Produksi Pak Made masih home industry dari orang Irian binaan Pak Made sehingga menggunakan cara pengelolahan masih belum modern. Sehingga buah tersebut boleh di bilang sedikit mudah busuk, Sehingga saran kami adalah tidak membeli dari penjual tangan kedua dan ketiga yang tidak anda ketahui kapan dia order barang tersebut. Kecuali Anda langsung membeli dari Papua fressh langsung dilevery. Dan botol yang di gunakan Pak Made (saat artikel ini ditulis) masih menggunakan botol plastik krem, hal ini sedikit bertentangan dengan khidah kemasan yang mana bahan baku / kimia pembuat botol ini kurang cocok bagi kemasan obat. Namun masih diakui obat olahan dari Pak Made Aslii... dan bagus kualitasnya

Untuk Produksi PT. Prima Baliem Subur, Buah Merah ini sedikit lebih mahal namun sudah di produksi secara Pabrikan di Wamena Papua sehingga dari penyulingan sudah mulai murni dan mereka menggunakan standart botol untuk obat seperti halnya botol Obat batuk Viks. Dari segi kualitas mereka sama dengan produksi Bp. Made hanya saja pasta sudah tidak terlihat, sehingga para konsumen tidak khawatir bila buah merah yang mereka beli dari pasar sudah sedikit membusuk. Dan juga ada disebutkan expired datenya.

Dan bagaimana tanggapan pasar, banyak yang menginginkan produksi Pak Made sebab pak Made penemunya namun banyak yang berpikir saya lebh baik menjual milik MBM, sebab Trubus dan Gramedia adalah perusahaan bonafit dan besar, sehingga tidak sembarangan mereka dalam menyeleksi dan menentukan partner untuk memproduksi buah merah bagi mereka. Pastilah mereka tidak mau pusing di kemudian hari dan mencari yang benar-benar aman di perjalanan penjualan produk mereka. Dari sekitar 11 produsen, PT. Prima Baliem Subur, yang memproduksi buah merah dengan brand Minyak Buah Merah (MBM) yang berhasil memenangkan tender, saya rasa ini acuan yang dapat kita gunakan bila kita ingin bermain aman seperti halnya Trubus dan Gramedia.

PENUTUP

Sekian sedikit tips dari kami, apabila berkeinginan membeli buah merah dari kami silahkan kirim emai grafhic.design@gmail.com atau sms ke 081377777072

No comments: