Tuesday, July 29, 2014

Makan Banyak Hidangan Bersantan? Kendalikan Kolesterol dengan Minuman Enak Ini

Foto: Thinkstock
Jakarta - Kolesterol sebenarnya terdapat di seluruh jaringan manusia dan hewan. Tubuh memerlukannya agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, kolesterol bisa berakumulasi, tergantung jenis makanan yang dikonsumsi dan kecepatan tubuh memecahnya.

Santan, seperti yang terdapat dalam banyak hidangan Lebaran, adalah salah satu makanan yang berkolesterol tinggi. Untuk menetralisirnya coba lima jenis minuman penurun kadar kolesterol ini:



1. Teh Hijau
University of Maryland Medical Center menyimpulkan dari beberapa studi bahwa teh hijau dapat menurunkan kolesterol jahat dan total kadar kolesterol. Minuman ini juga mendorong kadar kolesterol baik, sehingga kolesterol jahat 'tersapu' dari pembuluh arteri. Peneliti yakin bahwa polifenol dalam teh hijau menghambat penyerapan kolesterol di usus kecil dan meningkatkan pengeluarannya dari tubuh.

2. Wedang jahe
University of Maryland Medical Center juga menyebutkan sebuah studi pendahuluan yang mengindikasikan jahe bisa membantu menurunkan kolesterol dan mencegah aterosklerosis (pengerasan arteri). Jahe juga telah lama digunakan untuk mengatasi masalah seperti mual dan diare. Konsumsilah jahe maksimal 4 gram per hari.




3. Jus delima
Menurut Mayo Clinic, delima mengandung lebih banyak antioksidan polifenol yang melawan lipid dibanding jenis buah lain. Penelitian juga menyebutkan buah merah ini dapat memperbaiki kerusakan akibat konsumsi junk food. Di studi lain yang melibatkan orang-orang dengan arteri yang tersumbat kolesterol, segelas jus delima per hari dapat meningkatkan lebih dari 30% aliran darah ke jantung.



4. Jus sayur
Sayuran yang tinggi beta karoten, sterol, dan serat dapat membantu menjaga kolesterol dalam darah tetap rendah. Anda bisa mencoba jus kombinasi wortel, apel, dan jeruk. Kalau suka, bisa juga tambahi bit dan lemon. Atau, jus saja apel, wortel, dan brokoli. Alternatif lainnya adalah apel, kol ungu, dan jeruk nipis.







5. Smoothie buah
Buah adalah sumber serat larut yang penting untuk membantu menurunkan total kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung. Coba blender yoghurt tanpa lemak, stroberi, nanas, dan pisang. Tambahkan sedikit ekstrak vanili agar lebih harum aromanya.









No comments: