Tuesday, July 29, 2014

Cara Deteksi Kutu Busuk di Ranjang Hotel

huffingtonpost.comKutu busuk.
Cara paling mudah untuk mendeteksi keberadaan kutu busuk di sebuah ranjang kamar hotel adalah dengan tidur di ranjang tersebut seperti biasa. Jika pada pagi hari Anda bangun dan menemukan bekas gigitan merah yang gatal, maka ranjang tersebut telah menjadi "rumah" bagi kutu busuk.

Kamar hotel memang terkesan bersih. Tetapi jangan salah, kutu busuk juga kerap ditemukan di kamar-kamar hotel. Apalagi di saat mudik Lebaran seperti saat ini, ada kalanya Anda terpaksa beristirakat di penginapan sederhana yang ala kadarnya.

Untuk mendeteksi kutu busuk sebelum mereka menyerang memerlukan pendekatan sistematis. Ketika mereka sedang tidak aktif, kutu busuk suka berdiam di celah-celah ranjang, terutama di lipatan ranjang.

Coba buka seprainya dan amati apakah ada kutu busuk atau tidak. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum tidur, periksa terlebih dahulu ranjang dan sprei.  Bentuknya pipih dan hitam mirip dengan biji semangka yang kecil. Inilah kutu busuk.

Jangan bongkar koper Anda di atas ranjang. Bisa saja kutu busuk berpindah ke dalam koper Anda. Sebab, kutu busuk juga suka bersemayam di pakaian.

Jika Anda menemukan kutu ranjang, langkah yang paling pasti untuk membunuh mereka adalah dengan membakar ranjang tersebut. Tetapi tentu saja pihak hotel tidak akan membiarkan Anda melakukan itu.

Mintalah ke pihak hotel untuk mengganti kamar Anda secepat mungkin. Bisa jadi, kemungkinan Anda akan mendapat kompensasi, apalagi jika menyangkut hotel besar.

Jika Anda menginap di penginapan sederhana, mungkin saja Anda tidak akan mendapatkan kompensasi apapun. Pilihannya adalah bawa sendiri sleeping bag atau tidur saja di ranjang tersebut dengan konsekuensi terbangun dengan bekas gigitan yang gatal.

Gigitan kutu busuk tidak seperti gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk bisa membawa virus atau parasit masuk ke dalam tubuh, sebaliknya dengan gigitan kutu busuk. Bekas gigitan memang gatal, tetapi sebaiknya tidak digaruk agar tidak membekas.


sumber

No comments: