Wednesday, February 25, 2009

Daya Pikiran

oleh : awandana

Pengarang : Cahaya Nusantara
Diterbitkan di: Februari 22, 2009
Perlu kita ketahui bahwa pikiran memiliki daya sangat luar biasa yang selama ini bagi sebagian orang dan tidak semua orang dapat mengetahuinya. Bagaimana kita mengerti tentang arti pikiran dan bagaimana kita dapat mengetahui fungsi fikiran dan cara melatihnya, agar kita dapat berpikir dengan baik dan menanfaatkan energi atau daya pikiran yang kita miliki.

Pikiran adalah energi yang dapat merubah suasana, menaklukan lingkungan sekitarnya dan membuat hidup lebih nyaman. Pikiran akan mendatangkan segala kemudahan dalam bentuk apapun sesuai dengan kebutuhan. Pikiran memiliki energi, maka gunakanlah pikiran sehemat mungkin agar hidup lebih tenang dan damai.
Pikiran, hati, panca indera dan seluruh anggota badan kita dapat kendalikan dengan kesadaran, tetapi kesadaran sebagai kekuatan abstrak tidak selalu mandiri, ketika pikiran kita sedang berfungsi maka kesadaran akan larut dalam fungsi fikiran. Ketika hati sedang berfungsi, maka kesadaran akan larut dengan perasaan hati.
Apa yang harus dilakukan oleh kita, sebagai manusia yang beriman jika sedang berpikir?
• Jika kita berpikir tentang kebaikan, maka kesadaran boleh larut lebih dalam tetapi jangan sampai lupa akan kesadaran.
• Jika kita berpikir tentang kejelekan, maka sebaiknya kesadaran jangan larut, tetapi kesadaran harus dapat mengendalikan atau menghentikan pikiran yang tidak baik.
• Jika kita sedang menikmati kebahagiaan, kesadaran boleh larut, tetapi tetap dijaga agar tetap sadar.
• Jika hati kita sedang mengalami kesusahan, maka kesadaran harus utuh, kendalikan hati kita ”wahai hati sebaiknya engkau tidak usah bersedih” (memberi nasehat kepada diri sendiri)
Sesuatu yang harus selalu diingat bahwa kesadaran agar dijaga jangan mudah larut dengan pikiran orang lain, perasaan hati orang lain maupun dengan sikap orang lain. Apabila kita mudah larut dalam pikiran, perasaan maupun sikap orang lain, maka kita akan mudah ditipu, dikhianati dan tidak punya pendirian. Karena pikiran lebih banyak bekerja dibandingkan dengan kesadaran dan hati, kesadaran hanya bekerja sebagai pembuka pikiran agar dapat berpikir dan hati hanya bekerja untuk yakin dan percaya.
Bagaimana melatih pikiran?
Dalam melatih pikiran tidak perlu menyiapkan waktu khusus atau menyiapkan tempat khusus latihan pikiran, tetapi kita harus membiasakan diri dalam mempekerjakan pikiran secara sadar dan disengaja. Sehingga dengan kebiasaan ini pikiran akan cepat bereaksi menanggapi dan membaca situasi, seolah-olah kita berpikir diluar otak.
Apa yang harus dipertimbangkan oleh kita terhadap pikiran?
Selengkapnya silahkan Download :
http://www.ziddu.com/download/3598143/DayaPikiran.pdf.html

No comments: