Wednesday, December 9, 2015

10 Alasan memasak pakai microwave bahayakan kesehatan

Saat ini di Indonesia tak sedikit orang yang menggunakan microwave untuk memasak, terutama kalangan menengah ke atas. Microwave menjadi salah satu alat memasak yang cukup efisien dan hemat energi. Hal ini membuat microwave menjadi salah satu alat yang nyaman dipakai.

Namun penelitian mengungkap bahwa microwave ternyata memiliki efek yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Beberapa bukti yang diungkap oleh peneliti di antaranya adalah pada tahun 1991 ketika seorang pasien meninggal saat melakukan transfusi darah. Diketahui bahwa perawat menghangatkan kantung darah menggunakan microwave.

10 Alasan memasak pakai microwave bahayakan kesehatan
Diketahui bahwa menghangatkan darah menggunakan microwave bisa mengubah darah yang berujung pada kematian pasien tersebut. Dari sini peneliti mulai mencurigai bahwa panas yang dihasilkan oleh microwave bisa mengubah zat yang dihangatkannya.

Dr Hans Ulrich Hertel, seorang ilmuwan dalam bidang makanan di Swiss mengeluarkan penelitian yang menunjukkan bahwa menggunakan microwave untuk memasak bisa memberikan efek yang berbahaya pada tubuh, terutama pada darah.

Berikut adalah sepuluh alasan mengapa memasak menggunakan microwave berbahaya untuk kesehatan, menurut Dr Hertel, seperti dilansir oleh Daily Health Post (08/01).

1. Mengonsumsi makanan yang dimasak menggunakan microwave secara terus-menerus bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otak.

2. Tubuh manusia kesulitan untuk memproses produk sampingan yang muncul ketika makanan dimasak atau dihangatkan menggunakan microwave.

3. Hormon pria dan wanita seketika berhenti berproduksi atau berubah jika terus-menerus mengonsumsi makanan menggunakan microwave.

4. Efek dari produk sampingan yang muncul akibat penggunaan microwave pada makanan bisa bertahan dalam tubuh manusia dalam jangka waktu yang lama.

5. Menggunakan microwave untuk mengolah makanan bisa mengurangi mineral, vitamin, dan nutrisi yang ada di dalamnya sehingga tubuh hanya mendapatkan sisa yang sulit diolah.

6. Microwave bisa mengubah mineral dalam sayuran menjadi zat kanker yang mengandung radikal bebas dan berbahaya untuk tubuh.

7. Makanan yang dimasak menggunakan microwave bisa menyebabkan pertumbuhan kanker perut dan usus. Hal ini kemungkinan menjelaskan semakin banyaknya jumlah kanker usus besar di Amerika.

8. Mengonsumsi makanan yang dimasak menggunakan microwave dalam waktu yang lama bisa menyebabkan perkembangan sel kanker dalam darah.

9. Makanan yang dimasak menggunakan microwave bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

10. Sering mengonsumsi makanan yang dimasak menggunakan microwave bisa menyebabkan berkurangnya daya ingat, konsentrasi, kecerdasan, serta membuat emosi menjadi tak stabil.

Itulah beberapa alasan yang dikemukakan peneliti terkait dengan penggunaan microwave untuk memasak dan mengolah makanan. Sebaiknya mulai saat ini Anda berhati-hati ketika menggunakan microwave. Menggunakan sesekali tak masalah, namun jangan terlalu sering.

sumber : Merdeka.com

No comments: