Tuesday, May 19, 2015

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Untuk Melangsingkan Tubuh

Kunyit adalah tumbuhan rimpang yang khasiatnya sudah sangat legendaris selain lengkuas, temulawak dan jahe. Jadi jenis tumbuhan ini tidak pernah absen sebagai bahan jamu tradisional maupun bumbu masakan sehari-hari. Bahkan karena banyak khasiat inilah yang membuat pabrik-pabrik obat kimia latah menggunakan bahan ini sebagai bahan obat. 

Banyak juga yang menggunakan bahan kunyit sebagai bahan kosmetik. Tapi siapa sangka kunyit justru bisa membuat tubuh anda langsing jika di buat bahan jamu. Kok bisa? Bagaimana caranya?

Sabar ya….

Jika anda mendengar jamu kunyit asam, itulah produk jamu yang sudah sangat familier di negeri kita Indonesia. Sebagai resep obat turun temurun untuk menanggulangi sutu penyakit atau menjaga tubuh tetap fit. Namun kunyit asam ini juga sangat baik digunakan untuk melangsingkan tubuh. Hanya saja tidak seperti namanya, masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana meracik jamu ini sebagai alternatif pengobatan atau sebagai bahan melangsingkan tubuh. 

Sebelumnya mari saya ajak anda mengetahui khasiat secara umum tumbuhan rimpang bernama kunyit ini. 

Khasiat kunyit bagi kesehatan

Sudah tidak usah di ragukan lagi khasiat kunyit memang top untuk kesehatan. Kita saja yang karena tidak praktis, suka enggan menggunakan jamu kunyit asam untuk memanfaatkannya. 
Adapun beberapa penyakit yang mampu diatasi oleh tumbuhan bawah tanah ini antara lain :
Mencegah kangker, mencegah alzeimer, mengobati tifus, mencegah anemia, mengurangi resiko diabetes, mengatasi gatal  dan penyakit kulit, menyembuhkan luka, melancarkan pencernaan, mencegah dan mengobati panas dalam, mencegah keputihan, dan lain-lain. Tentang manfaat kunyit atau kunyit ini saya bahas lebih mendetail di artikel ( manfaat kunyit/kunir untuk kesehatan ). Saya yakin manfaat kunyit yang lain masih banyak yang belum diketahui atau memang belum diteliti, karena itu pakai aja dulu….

Segala manfaat kunyit tersebut bisa dijelaskan karena banyaknya kandungan zat berguna bagi tubuh manusia yang ada dalam kunyit. Kandungan zat itu adalah antara lain  Kurkumin sebagai zat anti oksidan, minyak asitri, lemak tak jenuh, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, serta garam-garam mineral penting seperti zat besi, fosfor dan kalsium.

Khasiat kunyit untuk melangsingkan tubuh

Selain mempunyai manfaat untuk menyembuhkan penyakit, Kunyit juga sangat ampuh sebagai bahan untuk kecantikan dan merampingkan bentuk tubuh. Kunyit asam mampu membantu melangsingkan tubuh dan juga menghilangkan aroma tubuh. Penasaran akan bagaimana membuat? Ini, nih caranya….

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam Untuk Melangsingkan Tubuh

Bahannya:
· 500 gram kunyit yang sudah cukup tua 
· 500 gram asam jawa 
· 250 gram gula merah 
· 2 liter air 
· 1/8 sendok teh garam dapur

Cara membuat:

1. Cuci bersih kunyit sehingga tidak ada lagi kotoran baik itu berupa tanah atau rimpang kulit kunyit yang menua. Disarankan di bawah air yang mengalir.

2. Haluskan kunyit dengan cara diparut atau diblender. Saring hasil parutan tadi dengan menggunakan kain dan ambil sarinya saja dengan cara diremas-remas sampai sari benar-benar terpisah dengan ampasnya

3. Campur sari kunyit tadi dengan air, setelah itu rebus air sari kunyit dengan ditambah bahan-bahan seperti di atas (gula merah, asam jawa dan garam). Biarkan mendidih di atas api kecil.

4. Setelah mendidih, dinginkan terlebih dahulu sebelum siap di minum.


Mudah bukan cara membuat kunyit asam manis? Selain rasanya manis, minuman ini juga terasa menyegarkan. Kalau ada cara enak melangsingkan badan kenapa harus cari cara yang lain?

Selamat sehat….
sumber : sehatsangat.com

No comments: