Tuesday, August 26, 2014

PRINSIP vs EJEKAN / Dapatkah Prinsip-Prinsip Anda Menahan Penghinaan?

Sewaktu saya berkesempatan tinggal di Meksiko bersama keluarga saya, saya memperoleh banyak pengalaman yang memberi saya pelajaran. Salah satu yang terpenting bagi saya adalah pentingnya hidup sesuai dengan prinsip-prinsip Anda.
 

  • Sewaktu saya berkesempatan tinggal di Meksiko bersama keluarga saya, saya memperoleh banyak pengalaman yang memberi saya pelajaran. Salah satu yang paling penting bagi saya adalah pentingnya hidup sesuai dengan prinsip-prinsip Anda.
    Saya segera menyadari bahwa salah satu budaya dalam dunia bisnis di Meksiko adalah minum Tequila saat makan. Sebagai seseorang yang telah diajar dan percaya untuk tidak minum alkohol, akan menjadi menarik melihat reaksi orang-orang saat saya menolak untuk minum, saya tahu bahwa prinsip pribadi saya akan diuji.
    Pada saat makan pertama kali bersama rekan bisnis, saya ditanya minuman apa yang saya inginkan. Ketika saya menjawab bahwa saya ingin air mineral, saya mendapat tanggapan aneh dari orang di sekeliling saya. Kemudian beberapa rekan kerja saya mengatakan “Tidak, Anda minum Tequila” dan semua orang bergembira. Ketika saya berkata kepada mereka bahwa saya tidak minum alkohol, mereka menanggapi dengan tawa yang keras. Saya pikir orang-orang di restoran itu berpikir bahwa lelucon yang paling lucu baru saja diceritakan. Jujur saja, beberapa kolega saya berpikir pernyataan tidak minum alkohol saya adalah lelucon.
    Beberapa minggu setelah itu, kolega saya terus menawari saya untuk minum Tequila. Akhirnya, pada salah satu janji makan kami bersama rekan bisnis, seseorang berkata, hari ini adalah hari dimana Anda harus minum segelas Tequila. Pada saat itu, saya tidak tahu apa yang harus dikatakan. Bos saya menyela dan mengatakan kepada orang yang ada di meja saat itu bahwa saya memang tidak minum. Dia berkata bahwa setelah mengenal saya, dia tahu bahwa ini adalah salah satu hal yang saya percayai dan mereka harus menghormatinya. Saya tidak bisa menjelaskan perasaan yang saya rasakan saat itu ketika seseorang mengetahui dan menghormati prinsip saya. Sejak saat itu, tingkat rasa hormat yang saya terima adalah yang paling tinggi selama saya tinggal di Meksiko.
    Saya ingat saat membagikan pengalaman ini dengan keluarga saya dan membuat putra saya bengong. Kami membahas sebagai keluarga mengenai pentingnya untuk memastikan bahwa Anda tidak saja memiliki prinsip namun menjalankan prinsip-prinsip itu. Kami membahas bahwa itu tidak selalu mudah, namun sekali Anda telah menunjukkan prinsip Anda, Anda harus yakin bahwa prinsip yang sama itu dapat membantu Anda dalam situasi apa pun yang akan Anda hadapi dalam hidup Anda.
    Seperti yang kita telah bicarakan, berikut adalah tema-tema yang disorot untuk mengukur apakah prinsip kita cukup kuat untuk membangun sebuah pondasi:

    Kepercayaan vs Prinsip

    Pengalaman yang kita peroleh dalam hidup membentuk kita; pengalaman itu membentuk kepercayaan kita yang pada akhirnya menentukan prinsip kita. Kepercayaan adalah kuat, namun prinsip Anda lebih kuat. Sebagai orang tua Anda perlu memastikan bahwa Anda mengajar anak-anak Anda akan pentingnya untuk secara terus-menerus memperkuat kepercayaannya agar membangun prinsip yang teguh. Prinsip sesungguhnya sangat membantu kita ketika kita membuat sebuah keputusan penting karena jika kita menjadikannya bagian dari pondasi hidup kita, keputusan telah dibuat. Satu cara untuk membantu mengenali prinsip adalah dengan membuat dua daftar, satu mengenai kepercayaan dan yang lain mengenai prinsip. Lalu ajukan pertanyaan ini: apakah kepercayaan dan prinsip sejalan? Sebagai orang tua lakukan kegiatan ini bersama anak-anak Anda, kekuatan yang besar akan datang untuk dapat menyatukan keluarga Anda.

    Pilihan vs Keputusan

    Ada perbedaan besar antara pilihan dan keputusan. Perbedaan terbesar adalah sekali Anda mencari semua pilihan Anda dan memilih satu, Anda telah membuat keputusan dan tidak lagi memiliki pilihan. Sebagai orang tua Anda harus mampu untuk menjawab mengapa ini akan menjadi penting ketika mencari prinsip Anda? Sewaktu Anda mengajar anak Anda perbedaan ini, Anda dapat membantu mereka melihat betapa penting untuk memilih prinsip yang akan membantu mereka membuat keputusan yang benar di masa mendatang. Menjalankan dan mengajarkan konsep bahwa prinsip Anda dalam berbagai cara pra-memutuskan dapat memberikan kejelasan yang berharga yang akan menguntungkan baik Anda dan anak Anda. Satu cara untuk membantu dalam mengajar konsep ini adalah untuk membagikan pengalaman pribadi. Sewaktu istri saya dan saya menyelesaikan membahas ini dengan putra kami, kami telah melihat prinsip yang kuat sewaktu mereka mengenali pentingnya untuk memahami perbedaan antara pilihan dan keputusan dan hubungan konsep ini dengan prinsip seseorang.

    Tindakan vs Perkataan

    Apakah Anda sungguh hidup sesuai dengan prinsip Anda atau Anda hanya membicarakannya? Ini mungkin akan menjadi pertanyaan yang paling penting yang akan Anda ajukan kepada diri Anda sendiri sebagai orang tua. Anak Anda mungkin mendengar apa yang Anda katakan namun pasti mereka juga akan melihat apa yang Anda lakukan. Pernyataan bahwa tindakan berbicara lebih keras dari kata-kata tidak pernah sebenar ini ketika itu berhubungan dengan prinsip seseorang. Prinsip Anda harusnya dicerminkan dalam setiap tindakan dan perkataan Anda. Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, Anda mungkin memiliki banyak pilihan namun Anda ingin memastikan bahwa keputusan yang Anda buat ketika itu berhubungan dengan tindakan, mencerminkan prinsip Anda dan tidak meninggalkan keraguan dalam benak seseorang tentang prinsip Anda. Memimpin dengan teladan akan memiliki dampak paling besar terhadap anak Anda, khususnya ketika itu mengajarkan mereka mengenai prinsip pribadi.
    Pengalaman yang saya miliki di Meksiko telah dibuktikan menjadi kesempatan mengajar yang luar biasa bagi keluarga saya akan pentingnya memilik prinsip. Sewaktu Anda dan anak Anda bekerja bersama dalam membuat hubungan Anda antara kepercayaan dan prinsip, memahami perbedaan pilihan dan keputusan dan memastikan bahwa tindakan Anda mencerminkan prinsip Anda, keluarga Anda akan mengalami kegembiraan yang besar, kedamaian dan kebahagiaan. Saya tahu bahwa sebagai ayah, saya tidak ingin yang lain selain keluarga kita memiliki semua perasaan itu, bahkan ketika badai cobaan memasuki hidup kita, kita akan dipersiapkan karena kita telah mengenali dan menjalankan prinsip kita.
    Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "Can your values withstand disparagement?" karya Seth Saunders.

    sumber

No comments: