Sunday, July 6, 2014

Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami



satu masalah kesehatan rambut yakni rontok parah, dan apabila kerontokan rambut ini tidak segera ditangani bisa memicu kebotakan. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya. Salah satunya yakni menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, kemiri, daun selederi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa bahan tersebut terbukti mengatasi rambut rontok parah apabila diaplikasikan pada rambut secara rutin.

Perlu anda ketahui terlebih dulu bahwa sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar. Apabila rambut kita mengalami kerontokan 60-80 helai per hari maka itu masih wajar, namun apabila lebih maka sudah tidak normal.

Sebenarnya apa saja sih yang menyebabkan rambut mengalami kerontokan ?
Faktor penyebabnya bisa berasal dari internal maupun eksternal. Faktor internal yakni seperti ketidak seimbangan hormon, karena efek samping dari mengkonsumsi obat, umur rambut, atau karena anda menderita suatu penyakit. Sedangkan faktor eksternal bisa meliputi karena pemakaian produk perawatan rambut berbahan kimia, alat-alat styling rambut, cuaca, polusi, dan masih banyak lagi.

Shampoo bukan merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk mengatasi rambut rontok. Karena pada shampoo mengandung bahan kimia serta busa yang dapat merusak asam alamiah kulit kepala kita sehingga dapat mengganggu pertumbuhan serta membuat kerontokan lebih parah. Untuk itu anda dapat mencoba beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami pada pria dan wanita yang akan saya berikan kali ini. Penasaran ? langsung saja simak berikut ini tips nya.


Cara Mengatasi Rambut Rontok

1. Menggunakan lidah buaya
Cara pertama yang dapat anda coba yakni menggunakan lidah buaya. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala serta rambut anda, namun sebelumnya basahi terlebih dulu rambut dan tunggu sampai setengah kering. Saat mengoleskan gel lidah buaya lakukan pula pemijatan secara perlahan. Setelah itu diamkan selama 15 menit dan bersihkan rambut anda menggunakan air.

2. Minyak zaitun
Cara menggunakannnya yakni campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak kelapa. Aduk sampai rata kemudian balurkan pada kulit kapala serta rambut sembari dilakukan pemijatan ringan. Setelah itu gunakan topi mandi dan diamkan setidaknya 4 jam, setelah itu bilas rambbut anda dengan shampoo ringan.

3. Alpukat
Langkah pertama yakni haluskan terlebih dulu buah alpukat yang sudah matang. Setelah itu balurkan pada rambut anda dan diamkan selama 20 menit. Langkah terakhir yakni bilas rambut menggunakan shampoo agar dapat bersih.

4. Kemiri
Cara ini cukup ribet namun terbilang efektif. Caranya yakni pertama tumbuk kemiri terlebih dulu, pastikan ditumbuk kasar dan jangan sampai halus. Setelah itu sangrai dan tumbuk lagi sampai halus dan mengeluarkan minyak. Nah gunakan minyak kemiri tersebut untuk dioleskan pada kulit kepala dan rambut anda. Setelah dioleskan lalu diamkan selama 1 jam dan langkah terakhir yakni gunakan shampoo untuk membersihkan rambut.

5. Daun seledri dan telur kampung
Caranya yakni haluskan daun seledri secukupnya lalu campurkan dengan telur kampung. Setelah tercampur rata kemudian oleskan pada rambut anda. Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan menggunakan shampoo.

Beberapa tips cara mengatasi rambut rontok secara alami diatas sebaiknya dilakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Sekian tips kesehatan yang dapat saya berikan kali ini, nantikan tips selanjutnya ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

No comments: