Monday, March 2, 2009

Aman Bersama LINUX

Aman 1 : LINUX dan VIRUS
Salah satu permasalahan dunia komputer saat ini, dengan berkembangnya INTERNET yang luar biasa cepat adalah virus dan worm. Hampir semua virus/worm yang menyerang pengakses internet adalah virus/worm untuk komputer berbasis MS Windows. Akibatnya, pengguna windows harus selalu siap menderita atau kecewa karena terganggu virus/worm.

Berbahagialah pengguna komputer berbasis LINUX, karena sangat sulit virus berkembang di komputer desktop LINUX. Virus yang dibuat untuk windows tidak merusak LINUX. Bukan berarti tidak ada virus di LINUX,namun virus (lebih tepat disebut worm atau cacing) yang pernah ada, hanya menyerang server LINUX yang kurang terawat atau terlambat di-update keamanannya.

Aman 2 : LINUX dan kecepatan Update/Patch
Masalah kelemahan software buatan manusia (Bug atau hole) dapat diatasi dengan cepat karena ketersediaan kode sumber program (Source Kode). Tidak perlu minta izin kepada pembuat untuk memperbaiki Bug atau menutup hole. jika tidak bisa memperbaiki sendiri, dapat minta tolong orang lain. Jika menggunakan program proprietary, kita hanya dapat menyerahkan atau melaporkan ke pengembang, lalu menunggu perbaikan dari pengembang.

Namun, keamanan jaringan tidak semata-mata ditentukan open atau closed, tapi lebih penting adalah orang yang menjaganya (administrator). Ketersediaan source kode menjadikan nilai keamanan LINUX lebih baik kerena tidak tergantung ke vendor, dan tidak perlu izin untuk memperbaikinya.

Looking for a New Software for Linux? Click Here

No comments: