Tuesday, January 5, 2016

Makanan Sehat Cegah Kolesterol Jahat Tinggi dalam Tubuh

Kolesterol dalam tubuh merupakan salah satu zat dalam tubuh yang mempunyai banyak fungsi penting. Kolesterol sangat dibutuhkan dalam menguatkan membran darah dan pembentukan kulit yang sehat. Tapi kolesterol yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk kesehatan. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa membahayakan kesehatan tubuh. Salah satu cara untuk mencegah kadar kolesterol dalam tubuh tinggi dengan menjaga asupan makanan. Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah kolesterol dalam darah naik.  

makanan sehat cegah kolesterol_7 
Makanan sehat cegah kolesterol tinggi yaitu sebangsa buah dan kacang-kacangan.
Makanan sehat cegah kolesterol yang pertama adalah buah alpukat. Buah alpukat banyak mengandung vitamin D dan juga mineral yang baik untuk tubuh. Dengan banyak mengkonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan mencegah kolesterol jahat bertambah banyak. Dengan demikian, kolesterol tinggi dalam tubuh yang bisa berbahaya dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi buah alpukat. Selain buah alpukat, adalagi buah yang bisa mencegah kolesterol yaitu buah anggur. Anggur juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Minum dua gelas jus anggur setiap harinya bisa membuat kolesterol jahat pergi.
Makanan sehat cegah kolesterol jahat meninggi yang selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Tidak semua jenis kacang-kacangan bisa mencegah meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang sangat baik untuk cegah kolesterol yaitu almond, edamem, dan kenari. Tiga jenis kacang ini sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang-kacangan ini mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Jenis kacang-kacangan ini bisa dijadikan sebagai pembuka makanan Anda di pagi hari.
Makanan sehat cegah kolesterol yang terakhir yaitu produk dari kedelai dan juga teh hijau. Produk dari kedelai bisa berupa susu kedelai, tempe, tahu, dan berbagai olahan dari kedelai. Produk yang terbuat dari kedelai ini dapat membantu mencegah kolesterol jahat dalam tubuh bertambah, selain itu juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Teh hijau juga sangat baik untuk mencegah kolesterol. Minum empat cangkir teh hijau setiap harinya bisa mencegah berkembangnya kolesterol jahat dalam tubuh yang berbahaya. Selain dengan menjaga asupan makanan, untuk mencegah kolesterol jahat meninggi sebaiknya juga diimbangi dengan rutin berolahraga.

Sumber : beritasehat.com

No comments: