Dalam postingan kali ini ane akan memaparkan cara untuk membuat pembuka/penutup pintu pagar tipe sliding menggunakan menggunakan motor induksi 220V AC. Motor ini dipilih karena relatif bebas pemeliharaan dan mudah diperoleh di pasaran. Rancangan mekanis yang ane buat ini, ane anggap lumayan ekonomis, namun demikian ide-ide lain bisa diusulkan/diterapkan sesuai selera Agan dan adaptasi bentuk gerbang pagar rumah Agan.
Sebelumnya
mohon maaf baru sempat update dikit-dikit, Gan, karena kesibukan,
apalagi topik
yang ane rancang kali ini lumayan pelik. Karena itu harap selalu ‘stay
tuned’ di blog ini, hehe. Bagi pelajar yang sedang membuat karya tulis
atau tugas akhir, silakan urun rembuk untuk mencari solusi yang lebih
baik, karena bagaimanapun ini hasil pemikirian ane yang terbatas.
Perlu diingatkan jika postingan yang akan kita bahas hanya diperuntukkan bagi yang suka dengan produk DIY (Do It Yourself) dengan harapan ada pancingan ide-ide lain yang barangkali lebih baik daripada postingan ini. Pada gilirannya kita tidak akan selalu tergantung pada produk buatan pabrik, apalagi dari luar negeri. Baiklah langsung ke topik...
Perlu diingatkan jika postingan yang akan kita bahas hanya diperuntukkan bagi yang suka dengan produk DIY (Do It Yourself) dengan harapan ada pancingan ide-ide lain yang barangkali lebih baik daripada postingan ini. Pada gilirannya kita tidak akan selalu tergantung pada produk buatan pabrik, apalagi dari luar negeri. Baiklah langsung ke topik...
Untuk bisa
membuat penggerak buka-tutup pagar, ada beberapa hal utama yang harus
dilakukan, antara lain:
1. Mengubah arah putaran motor
induksi/kapasitor, sebaiknya ini dikuasai dikit-dikit teorinya agar nyambung saat melakukan praktek
2. Menggunakan gearbox (saran rasio 1:50 s.d. 1:60) dan menghubungkan poros masukan dengan motor induksi (saran: 1420 rpm)
2. Menggunakan gearbox (saran rasio 1:50 s.d. 1:60) dan menghubungkan poros masukan dengan motor induksi (saran: 1420 rpm)
3. Menghubungkan output putaran
gearbox dengan pagar sliding/geser
4. Membuat kunci pintu gerbang
mekanis (opsional)
Jangan kuatir,
ntar ane paparkan cara membuatnya...
Alat yang
diperlukan untuk membuat penggerak pintu pagar sebagai berikut:
1. Motor induksi minimal 1/4 PK (tergantung beban pagar), bekas atau baru,
dalam hal ini ane menggunakan merk Wipro.
2. Gearbox 1:60
3. 2 buah pulley alumunium, disarankan menggunakan yang agak besar untuk memperkecil resiko slip,
4. 4 buah gear depan sepeda motor
seukuran, terserah Agan beli baru atau bekas.. Di tempat ane (Jember), untuk Honda Suprat Fit harga sebuah Rp. 7.500,00.
5. Saklar Cam Starter I - 0 - II, untuk mengatur arah putaran motor sekaligus mematikannya.
6. Mur, baut, kabel, v-belt, dan lain-lain ntar nyesuaikan.
5. Saklar Cam Starter I - 0 - II, untuk mengatur arah putaran motor sekaligus mematikannya.
6. Mur, baut, kabel, v-belt, dan lain-lain ntar nyesuaikan.
Perencanaan
1. Pelajari dengan teliti bentuk dan kinerja pintu pagar Agan sebelum
memutuskan membuat model mekanis yang sesuai. Kebetulan bentuk gerbang rumah ane model geser di posisi luar sehingga
membuatnya agak sulit membuat sistem mekanis tanpa membongkar tembok, karena
bagaimanapun posisi mesin harus di sebelah dalam pagar.
2. Bongkarlah box terminal motor induksi dan pelajari koneksi terminal tentang cara membalik putaran mesin pompa air (CW dan CCW).
3. Hubungkan
poros motor induksi dengan
gearbox menggunakan vanbelt yang sesuai. Namun
jika Agan mempunyai alternatif yang menurut penilaian Agan lebih mudah,
termasuk jika Agan memutuskan menggunakan paket motor-gearbox yang sudah
tersedia di pasaran seperti gambar di bawah ini dengan harga yang
relatif mahal tentunya.
Mengubah Arah Putaran Motor Induksi
Mengubah Arah Putaran Motor Induksi
Agar sebuah
motor dapat dipergunakan baik untuk membuka atau menutup, harus ada cara untuk
mengubah arah putaran motor induksi/kapasitor. Secara teori, mengubah arah
putaran dapat dilakukan dengan membalik koneksi belitan utama. Silakan Agan
cari di google terkait referensi cara kerja sebuah motor induksi, agar lebih
dalam pengertiannya.
Pada intinya
berputarnya sebuah motor induksi disebabkan perbedaan/pergeseran medan magnet
yang ditimbulkan oleh, baik belitan utama (biasanya luas penampang kawat lebih
besar) maupun belitan pembantu, akibat bergesernya fasa diikuti pergeseran
medan magnet dari kedua jenis belitan. Cara praktis untuk menggeser fasa adalah
dengan menghubungkan seri sebuah kapasitor dengan salah satu belitan, biasanya
belitan bantu. Semakin besar kapasitas kapasitor (dalam batas tertentu), maka
semakin besar pula torsi yang ditimbulkannya. Torsi diperlukan terutama saat
awal motor berputar (saat kecepatan motor masih rendah), namun pada kecepatan
penuh keberadaan kapasitor relatif tidak diperlukan lagi karena rotor praktis
mengikuti arah putaran medan magnet stator.
Pada motor induksi merk Wipro yang ane pakai, sudah dilengkapi dengan centrifugal switch yang berfungsi untuk memperbesar torsi awal. Terkait dengan cara kerja centrifugal switch ini, bisa Agan dapetin di Google.
Pada motor induksi merk Wipro yang ane pakai, sudah dilengkapi dengan centrifugal switch yang berfungsi untuk memperbesar torsi awal. Terkait dengan cara kerja centrifugal switch ini, bisa Agan dapetin di Google.
Secara teori,
belitan pada sebuah motor kapasitor sebagai berikut:
Untuk merubah arah putaran dapat
digambarkan secara teori sebagai berikut:
Gambar
di atas
menjelaskan bahwa untuk bisa membalik putaran sebuah motor induksi,
dapat dilakukan dengan cara membalik polaritas lilitan utama/bantu.
Rack Gear pada Pagar
Rack Gear dapat digambarkan sebagai gigi-gigi berbentuk lurus yang berfungsi untuk mengkonversi gerakan putar menjadi gerakan lurus. Rack Gear yang sering Ane jumpai adalah pada bor duduk. Di situ terdapat tuas putar yang berguna untuk menekan mata bor lurus ke obyek bor di bawah.
Rack Gear dapat digambarkan sebagai gigi-gigi berbentuk lurus yang berfungsi untuk mengkonversi gerakan putar menjadi gerakan lurus. Rack Gear yang sering Ane jumpai adalah pada bor duduk. Di situ terdapat tuas putar yang berguna untuk menekan mata bor lurus ke obyek bor di bawah.
Untuk
keperluan
gear rack untuk pagar pada proyek kita kali ini, Ane tidak menyarankan
Agan untuk membeli model pabrikan yang pastimya relatif mahal. Ane
menemukan desain unik menggunakan gear depan sepeda motor, yang bisa
dibuat oleh semua tukang las.
Kalau kita perhatiin, cekukan gear di atas berbentuk setengah lingkaran yang mempunyai jeda/jarak satu sama lain.
Untuk membuat 'Rack Gear' sebagai pasangan gear di atas, Ane menggunakan potongan besi cor sepanjang kurang lebih 5cm (dengan diamenter disesuaikan dengan diameter cekukan). Potongan besi cor tadi dilakukan pengelasan pada besi siku dengan jarak sama dengan jarak antar cekukan gear sepeda motor tadi.
Untuk membuat 'Rack Gear' sebagai pasangan gear di atas, Ane menggunakan potongan besi cor sepanjang kurang lebih 5cm (dengan diamenter disesuaikan dengan diameter cekukan). Potongan besi cor tadi dilakukan pengelasan pada besi siku dengan jarak sama dengan jarak antar cekukan gear sepeda motor tadi.
Untuk lebih jelasnya silakan disimak cara Ane membuatnya:
1. Sediakan besi siku yang platnya
lumayan tebal (agar tidak mudah melet saat menerima beban berat), potonglah
sesuai ukuran panjang pada gerbang.
2. Sediakan
sebuah 3 buah gear depan
sepeda motor sembarang merk dan lakukan pengelasan dengan rapi ketiganya
(berdempetan)
pada output gearbox.
Kalau Agan tidak menghendaki dilas, silakan berinovasi sendiri. Tujuan
menggunakan 3 gear sekaligus adalah agar sinergi 'rack gear' dan
poros
gearbox berjalan lebih kokoh, menggigit, dan tahan lama. Ingat, untuk
mendapatkan hasil yang sempurna posisi ketiganya
harus benar-benar center,
pastikan tidak meliuk saat berputar (meliuk dikit ya gapapa, Gan).
Pengelasan artinya Agan sudah memutuskan paten pagar Agan pake mesin.
3 Sediakan potongan besi cor yang disebutkan di atas, dengan jumlah tergantung panjang rute yang nantinya akan dilewati poros. Dalam hal ini, ane memakai besi cor SNI 10mm.
3 Sediakan potongan besi cor yang disebutkan di atas, dengan jumlah tergantung panjang rute yang nantinya akan dilewati poros. Dalam hal ini, ane memakai besi cor SNI 10mm.
4. Lakukan pengelasan besi-besi kecil
tadi pada besi siku dengan jarak sama dengan jarak antar gap pada gear. Prakteknya
gear tadi langsung digunakan sebagai alat ukur pada saat sedang dilakukan pengelasan. Jangan lupa, "rack gear" yang dilas
potongan besi cor tadi hanya pada bagian-bagian yang akan dilewati oleh gear pada
gearbox, biar tidak mubadzir.
5. Siapkan agar sewaktu-waktu bisa
diuji coba, dipasang fixed-nya belakangan aja.
Cara Menghubungkan Putaran Poros Motor Induksi Dengan Poros Input Gearbox
Hal utama yang
perlu diperhatikan untuk dapat dengan efektif menghubungkan poros gearbox dan
poros motor (dengan v-belt dan pulley) adalah dengan memposisikan kedua
mekanis tersebut fixed (kokoh) pada posisinya masing-masing,
terutama gearbox yang bisa jadi kadang harus menerima beban berat pagar.
Untuk tujuan ini, Ane melakukan pengecoran, sebagai berikut:
a) Gearbox, outputnya yang telah
dipasang 3 lapis gear dipasangkan 4 baut panjang pada kakinya.
Penggunaan baut panjang bertujuan agar baut tersebut sekalian berfungsi sebagai
angker untuk mencengkeram lapisan cor semen.
b) Khusus motor induksi, sebaiknya dibuatin semacam
rel bolong untuk baut, dengan tujuan memudahkan instalasi dan pengaturan
kekencangan v-belt.
Sebelum
memulai pekerjaan dan agar hasil yang dicapai dapat maksimal, Agan
harus memperhatikan dan memprediksi terkait lingkup pekerjaan yang akan
dilakukan, antara lain dengan mempertimbangkan hal-hal
sebagai berikut:
1) Pastikan rel gerbang berikut
roda-rodanya tidak bergelombang, jika perlu lakukan dulu perbaikan atas hal
ini. Ini bertujuan agar koneksi gearrack dan gearbox bisa
mulus dan juga jalannya tidak bergelombang.
2) Penting untuk memposisikan mekanis
output gearbox dengan 'Rack Gear' agar keduanya dapat terhubung secara efektif dan efisien.
Untuk tujuan ini, posisikan keduanya dengan tegak lurus dan serapat mungkin,
kalau perlu gunakan pengukur waterpass untuk
memastikannya.
3) Menghubungkan kedua mekanis dengan
pulley. Untuk tujuan ini, ane menggunakan v-belt mesin cuci ukuran M-23.
4) Jangan lupa dari sisi estetika,
sesuaikan juga posisinya agar enak dilihat. Kabel-kabel sebaiknya ditanam
(pakai paralon).
5) Setelah Agan yakin akan posisinya,
lakukan pengecoran atau pengelasan, dengan tujuan kedua mekanis, terutama
gearbox, tidak berubah posisinya walaupun terkena beban berat. Jangan lupa
setelah dicor, Agan harus nunggu minimal 1 minggu untuk memasang gearrack.
6) Pasanglah dengan teliti rack gear
pada pintu gerbang, bisa dengan dilas atau menggunakan baut. Jangan lupa pesan
sebelumnya, seharusnya rapat dan tegak lurus terhadap poros gearbox.
Demikian
yang
bisa ane jelasin untuk sementara ini dan jangan terlena dengan cara ane,
silakan dikembangkan sendiri jika Agan mempunyai alternatif pembuatan
yang
lebih baik. Terakhir, setelah Agan sukses membuat sisi mekanis ini,
silakan dikembangkan untuk dapat membuat sistem pengendali atau
otomatisasi mesin penggerak ini dengan menggunakan rangkaian elektronik
(analog atau digital) dengan beberapa masukan antara lain kondisi 'on',
kondisi 'off', saklar batas, saklar interupsi, dan sebagainya. Bagi
Agan yang hobby dalam dunia mikrokontroller Arduino, beberapa fitur
canggih tentu bisa direkayasa dan ditambahkan, antara lain perintah
buka-tutup pintu gerbang sekaligus laporan kondisinya saat itu
(terbuka/tertutup), dapat dilakukan lewat perintah SMS, tentu saja ada
tambahan semacam shield gprs untuk mendukung proyek ini. Adapun driver
yang ane buat memanfaatkan remote mobil dengan nama Remote Pagar
'MOROBUKA' pada link berikut: http://lukmannet.blogspot.co.id/2016/08/remote-pintu-pagar-morobuka_17.html. Semoga manfaat...
Dokumentasi:
Membuat Kunci Ganda Pagar Mekanis
Membuat Kunci Ganda Pagar Mekanis
Saat ini telah
banyak dijual kunci pintu elektris di berbagai lapak dengan bentuk dan harga
bervariasi. Namun, pernahkan Agan menemukan kunci elektris untuk pintu gerbang?
Ane yakin belum pernah, minimal sampai tulisan ini dibuat. Mengapa? Ini
terutama karena membuat desain untuk pintu gerbang selain rumit, heavy duty,
juga harus disesuaikan dengan desain dan bentuk pintu gerbang itu sendiri, yang
tentu tidak sama satu dengan yang lain. Berbeda halnya dengan kunci elektris
untuk pintu yang diperuntukkan untuk ‘bolongan’ itu-itu aja, sehingga relatif
general dan bisa dproduksi massal.
Kali ini ane
akan memaparkan desain gate lock dengan memanfaatkan mekanis umum di pasaran
berupa central door lock mobil, yang bentuknya seperti ini loh Gan:
Cara kerjanya
yang komplit bisa Agan cari di Dik Google yah. Intinya si door central lock akan bergerak
ke satu arah jika dialiri arus dengan tegangan DC 12V, dan jika polaritas dibalik
ia akan bergerak ke arah sebaliknya.
Nah, dengan
berbekal gerakan si door central lock tadi, silakan Agan mengembangkan ide sendiri
untuk gerbang Agan. Namun jangan khawatir, Ane juga akan memaparkan hasil riset. Ane mempunyai
desain yang barangkali cukup kompatibel dengan berbagai bentuk pintu gerbang,
tentu dikit-dikit penyesuaian juga diperlukan.
sumber : https://lukmannet.blogspot.co.id/2015/11/membuat-sendiri-mesin-buka-tutup-pintu.html?m=1
No comments:
Post a Comment