Saturday, November 14, 2015

Efek Samping Makan Tomat Terlalu Banyak

Bahaya Makan Tomat
(c) Flickr

1. Melemahnya sistem imun

Sistem imun menjadi tidak seimbang karena dalam tomat mentah terdapat karotenoid pigmen likopen. Senyawa kimia tersebut jika jumlahnya wajar akan sangat membantu dalam mencegah kanker. Namun, jika berlebihan dalam mengkonsumsinya yang ada sistem kekebalan tubuh jadi terganggu dan tubuh akan kehilangan fungsi untuk melindungi diri dari beberapa mikroba atau mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur penyebab penyakit. Pada saat yang bersamaan, keadaan ini juga tidak dapat memperbaiki kerusakan fisik yang ada.

2. Permasalahan saluran cerna

Karena tomat diperkaya dengan kandungan asam, berlebihan dalam mengkonsumsi dapat mengganggu sistem pencernaan. Penyakit GERD (refluks asam) adalah istilah medis yang merupakan penggambaran umum dari gangguan usus.

3. Memicu IBS (Irritable Bowel Syndrome)

Antioksidan likopen bisa berubah menjadi umpan penyakit seperti IBS jika jumlahnya terlalu banyak di dalam tubuh. Tubuh juga akan mengalami beberapa masalah usus lain seperti gas perut, kembung, ganggunam pencernaan, mual, muntah, diare, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk konsumsi likopen lebih dari 30 mg per harinya.

4. Membentuk batu ginjal

Jika Anda sebelumnya sudah menderita masalah batu ginjal berukuran kecil, tidak disarankan untuk makan tomat banyak-banyak. Alasannya karena tomat merupakan sumber kalsium dan senyawa oksalat yang mana keduanya akan sulit untuk dicerna jika sebelum Anda sudah menderita batu ginjal. Pada beberapa kasus seperti itu, berlebihan makan tomat akan membuat kalsium dan oksalat menumpuk di ginjal dan membentuk batu berukuran besar.

5. Kelebihan vitamin

Overdosis vitamin bisa dipicu oleh sayur tomat yang Anda konsumsi setiap harinya, dalam tanda kutip bila jumlahnya berlebihan. Mengkonsumsi tomat berukuran sedang akan memenuhi sepersepuluh kebutuhan vitamin harian, tepatnya 1,025 IU Vitamin A dan 17 mg vitamin C. Apabila jumlahnya terlalu banyak, maka timbul berbagai masalah seperti sakit kepala, mual, muntah, sakit ginjal, dll.
Intinya, meski Anda tahu bahwa khasiat tomat bagi kesehatan dan kecantikan sangatlah banyak. Berlebihan dalam konsumsi tomat juga memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Selain 5 efek samping di atas, sebetulnya masih ada beberapa lagi seperti alergi, kekurangan gizi, menyebabkan kanker prostat. Dan mengubah warna kulit menjadi sedikit keorenan.
Jadi, jika Anda berniat memberi asupan vitamin untuk tubuh dengan cara konsumsi tomat. Makanlah dengan jumlah yang wajar, jangan Anda kira dengan memperbanyak dosis konsumsi akan membuat tubuh semakin sehat, padahal tidak karena hal tersebut bisa merusak harapan.
Alangkah baiknya bila Anda hanya mengambil manfaat tomat dengan penggunaan luar, misalnya menjadikannya krim atau masker untuk merawat kulit agar tetap sehat, bersih, kenyal, kencang, halus, dan bersinar.

sumber : cakrawalasehat

No comments: