Saturday, May 13, 2017

Hati-hati! Makanan Beku Tidak Bisa Diproses Sembarangan

Tidak perlu lagi belanja keperluan dapur tiap hari karena makanan beku selalu siap menemani Anda beraktivitas di dapur. Sangat Praktis. Itulah keuntungannya membeli makanan beku dalam kemasan atau menyimpan makanan di freezer. Kapan saja Anda ingin memasak, makanan beku siap diproses, meski telah disimpan berhari-hari.
hati-hati makanan beku tidak bisa diproses sembarangan - alodokter
Makanan beku memang praktis digunakan. Namun banyak yang tidak mengetahui cara memproses makanan beku dengan benar. Salah memproses, Anda bisa keracunan makanan.

Cara Mencairkan Makanan Beku

Ada berbagai cara untuk mencairkan (melunakkan) makanan beku agar siap diproses menjadi hidangan yang lezat.
  • Direndam di air dingin. Makanan beku, terutama yang berada dalam kemasan, bisa dicairkan menggunakan air dingin. Rendam kemasan di mangkok atau panci berisi air dingin. Ganti air tiap 30 menit hingga makanan benar-benar mencair dan siap untuk diproses di dapur.
  • Disimpan di kulkas seharian. Mencairkan di kulkas memang membutuhkan waktu lama, namun ini merupakan cara termudah dan terhigienis. Butuh waktu seharian penuh atau bahkan lebih untuk mencairkan makanan beku seperti daging. Maka dari itu, Anda harus merencanakannya sebelum memasak. Misalnya Anda ingin memasak daging rendang pada hari Minggu, sehari sebelumnya Anda harus mengeluarkan daging beku dari freezer, lalu memindahkannya ke kulkas. Ingat, letakkan daging beku di rak bawah kulkas agar cairan daging penuh bakteri tidak mengenai makanan lainnya.
  • Didiamkan di suhu ruangan. Tidak semua makanan beku bisa dicairkan di suhu ruangan seperti daging, ikan, dan sayuran. Makanan beku yang bisa dicairkan di kondisi tersebut, seperti roti, kue kering, dan buah-buahan. Mereka bisa dimakan setelah didiamkan selama 2 hingga 4 jam di suhu ruangan.
  • Cairkan dengan microwave. Gunakan metode ini jika Anda sedang terburu-buru memasak makanan atau ingin segera menyajikan buah-buahan beku untuk disantap. Microwave memang cepat mencairkan makanan beku, namun hasil pencairannya kurang merata. Tidak hanya itu, pencairan menggunakan microwave berpotensi memicu pertumbuhan bakteri pada makanan tersebut.
  • Di bawah pancuran air dingin yang mengalir. Jika ingin mencairkan daging beku, Anda bisa menggunakan cara ini.
Perlu Anda ingat, makanan yang telah mencair, tidak boleh Anda bekukan kembali di freezer demi terhindar dari keracunan makanan. Sebaiknya ambil makanan beku secukupnya untuk diproses, sementara sisanya tetap berada di freezer. Pastikan suhu freezer di titik -18 derajat Celcius atau lebih rendah. Di suhu tersebut, pertumbuhan bakteri pada makanan akan dinonaktifkan. Namun ketika telah mencair, bakteri itu akan hidup kembali dan bahkan bisa berkembang.

Batas Waktu Penyimpanan

Proses pembekuan merupakan cara alami untuk mengawetkan makanan. Proses pembekuan dapat menjaga makanan tetap aman tanpa batas waktu, namun bukan berarti makanan tetap memiliki kualitas rasa dan tekstur yang sama.Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang batas waktu penyimpanan makanan beku, seperti daging giling mentah (3-4 bulan), daging unggas mentah (12 bulan), daging unggas yang telah dimasak (4 bulan), sup (2 bulan), dan makan malam serta hidangan pembuka (3-4 bulan).
Untuk jenis makanan lainnya, Anda bisa mencairkannya terlebih dahulu setelah itu memeriksa kualitasnya. Jika tampilannya kurang bagus, tapi sepertinya masih bisa dikonsumsi, berarti Anda bisa memakainya untuk membuat sup. Gunakan juga indera penciuman Anda. Jika sudah menimbulkan bau tidak enak, lebih baik singkirkan makanan tersebut.

Penting untuk Diketahui

Perhatikan hal-hal berikut ini saat membeli makanan beku atau menyimpannya.
  • Ketika berbelanja di supermarket, sebaiknya konter makanan beku dikunjungi paling terakhir sebelum membayar ke kasir. Hal ini bisa membuat makanan setidaknya tetap beku sebelum sampai di rumah. Jika sesampainya di rumah makanan sudah mencair, jangan memasukkannya ke dalam freezer. Lebih baik masak secepatnya atau dibuang.
  • Saat membeli makanan beku dalam kemasan, perhatikan tanggal kadaluarsanya. Lihat pula apakah kemasannya masih bagus atau tidak. Jika sudah rusak atau telah terbuka, lebih baik tidak usah dibeli. Anda juga bisa memberi tahu petugas atau penjual agar menyingkirkan makanan kemasan itu agar tidak berdampak buruk bagi konsumen lainnya.
  • Penyimpanan dalam freezer harus Anda perhatikan. Sebisa mungkin hilangkan seluruh udara dalam kemasan. Ada baiknya untuk memindahkan isi kemasan ke wadah tertutup khusus untuk membekukan makanan.
  • Ketika mati listrik, jangan membuka pintu freezer. Biarkan pintu tertutup. Kondisi tersebut bisa membuat makanan beku bisa bertahan satu hingga dua hari.
Kunci terjaganya makanan beku adalah alat pendingin. Pastikan suhu freezer berada di titik -18 derajat Celcius, sementara suhu kulkas di bawah 4 derajat Celcius. Bersihkan freezer  tiap satu hingga dua minggu sekali menggunakan cairan pembersih khusus dan air. Lap cairan atau makanan yang tercecer pada freezer atau kulkas secepatnya demi menghindari makanan terkontaminasi bakteri.

sumber : http://www.alodokter.com/hati-hati-makanan-beku-tidak-bisa-diproses-sembarangan

No comments: